DetikSepakbola
Rabu 14 November 2018, 05:46 WIB

Pelatih Timor Leste: Mantap, Indonesia!

Yanu Arifin - detikSport
Pelatih Timor Leste: Mantap, Indonesia! Pelatih Timor Leste, Norio Tsukitate, memuji Timnas Indonesia. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -
Timor Leste sempat memimpin lebih dulu sebelum akhirnya kalah 1-3 dari Indonesia. Pelatih Norio Tsukitate menyebut penampilan Skuat Garuda memang bagus.

Di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Selasa (13/11/2018), Timor Leste sempat unggul 1-0 atas Indonesia. Rufino Gama membobol gawang Andritany Ardhiyasa lewat gol indah dari luar kotak penalti.

Indonesia kemudian bisa mengubah permainan usai memasukkan Riko Simanjuntak dan Stefano Lilipaly, menggantikan Febri Hariyadi dan Septian David Maulana. Tim Merah Putih bisa melesakkan tiga gol lewat Alfath Faathier, penalti Lilipaly, dan tandukan Alberto Goncalves.

Usai laga, Tsukitate enggan mengomentari taktik pergantian pemain Indonesia yang terbilang efektif. Ia cuma menilai penampilan skuat asuhan Bima Sakti itu memang bagus secara keseluruhan.


"Saya tidak mengerti taktik lawan. Saya hanya fokus ke tim sendiri," kata Tsukitate dalam konferensi pers usai laga.

"Saya tahu Indonesia mengganti beberapa pemain, tapi saya tetap fokus ke tim sendiri. Seperti tadi di posisi bek kiri tim saya ada masalah, ya saya fokus membenahi tim sendiri," sambungnya.

"Saya cuma ingin mengucapkan selamat ke Indonesia. Pemainnya bagus. Saya tidak mau bilang siapa pemainnya yang bagus, semuanya bagus. Saya hanya bisa berkomentar seperti itu ke pemain saya. Saya tidak bisa men-judge pemain Indonesia, selamat sekali lagi," imbuhnya.


Tsukitate adalah pelatih yang pernah membawa Timor Leste finis di tempat ketiga pada ajang Piala AFF U-19 2013. Mereka ketika itu gagal juara setelah kalah 0-2 dari Indonesia, yang pada akhirnya keluar sebagai juara.

Ada delapan pemain yang di ajang Piala AFF 2018 dibawa Tsukitate. Salah satunya adalah kapten Nataniel De Jesus Reis.

Kemenangan ini membuat Indonesia sementara naik ke posisi dua Grup B dengan 3 poin dari dua laga, di bawah Thailand yang unggul selisih gol dan baru main sekali. Adapun Timor Leste menjadi juru kunci berkat dua kekalahan.

Selanjutnya Indonesia akan menghadapi Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11) di laga ketiga. Indonesia wajib menang agar bisa menjaga kans lolos ke semifinal.





Video saat 'Timnas Bertolak ke Singapura Menatap Piala AFF':

[Gambas:Video 20detik]


Pelatih Timor Leste: Mantap, Indonesia!

(yna/ran)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed