DetikSepakbola
Kamis 15 November 2018, 12:47 WIB

Matangkan Persiapan ke Spanyol, Rendy Juliansyah Asah Fisik

Femi Diah - detikSport
Matangkan Persiapan ke Spanyol, Rendy Juliansyah Asah Fisik Rendy Juliansyah berencana ke Spanyol pada Desember 2018. (Femi Diah/detikSport)
Jakarta - Rendy Juliansyah dikejar waktu untuk memperbaiki kekuatan fisik. Itu merujuk jadwal berlatih di beberapa klub Eropa mulai akhir Desember.

Rendy, 16 tahun, kembali pada rutinitas setelah menyelesaikan tugas bersama Timnas U-16 di Piala Asia. Siswa kelas 2 SMA itu berlatih dan belajar, lewat home schooling, lagi.

Saat ini, dia berfokus menggeber peningkatan strenght sebelum menjalani latihan di klub-klub Eropa. Rencananya, dia terbang ke Spanyol, Belgia, dan Italia.




"Rencananya, Desember ke Spanyol. Untuk Spanyol ke Leganes, tapi negara lain belum tahu, Rencananya, nanti muter dari Spanyol kemudian ke negara lain," kata Rendy yang ditemui detikSport di Stadion Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (15/11).

"Masukan dari banyak orang, pelatih dan yang lain, saya disarankan untuk fokus memperbaiki strenght," dia menambahkan.

Rendy berharap mendapatkan banyak pelajaran dari latihan-latihan di Eropa nanti. Syukur-syukur diikat oleh salah satu klub di sana.

"Saya melihat perkembangan sepakbola di luar negeri lebih maju, makanya mau cari pengalaman di luar dulu. Targetnya langsung jebol ke sana. Kenapa enggak ke Jepang? Kebetulan jalan ke Spanyol terbuka lebih dulu hehehe," ujar fans Persija Jakarta dan Manchester United itu.

Bagaimana dengan irisan mental? Rendy yakin laga-laga di Piala AFF dan Asia bersama Timnas Indonesia U-16 cukup menjadi bekal.

"Di Piala AFF lumayan mendapatkan banyak pengalaman. Ditonton puluhan ribu orang, main di kandang sendiri, jadi tahu beban seperti apa. Juga saat tanding di Malaysia, pendukung juga sangat banyak. Permainan dari lawan-lawan; Iran, India, juga menjadi pelajaran," dia menjelaskan.

"Soal sekolah enggak masalah. saya kan homeschooling, jadi bisa belajar sendiri. Sudah biasa di sela-sela latihan, tetap belajar," ujar Rendy.




(fem/mrp)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed