sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 27 Nov 2018 20:16 WIB

Hindari Pengaturan Skor, Liga 1 Pekan Terakhir Dihelat Serentak

Amalia Dwi Septi - detikSport
Foto: Risyal Hidayat/Antara
Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan untuk menggelar pertandingan Liga 1 2018 pekan ke-34 secara bersamaan. Menjaga fair play.

Persaingan merebut gelar juara dan degradasi semakin ketat menjelang berakhirnya kompetisi. Predikat juara tinggal diperebutkan oleh PSM Makassar dan Persija Jakarta, yang masing-masing mengantongi 57 poin dan 56 poin.

Sementara di papan bawah, persaingan untuk terlepas dari degradasi masih amat ketat. Mereka adalah PSMS Medan yang menempati posisi paling buncit (34 poin), PS Tira di peringkat ke-17 (36 poin), dan Sriwijaya FC duduk di posisi ke-16 (36 poin).

Sementara Perseru Serui (36 poin), dan Mitra Kukar (39 poin), sedikit lebih aman. Keduanya berada di posisi ke 15 dan 14. Tapi, PSMS dan PS Tira masih menyimpan satu laga tunda.




COO PT LIB, Tigorshalom Boboy, memutuskan untuk menggelar laga pekan ke-34 secara bersamaan. Pertandingan akan dihelat serentak pada 9 Desember.

"Kami akan menggelar pertandingan secara bersamaan untuk pertandingan yang menentukan gelar juara dan degradasi," ujar Tigor kepada pewarta, Selasa (27/11/2018).

Pada pekan ke-34, Persija dijadwalkan terlebih dahulu akan menjamu Mitra Kukar, Sabtu (8/12/2018), pukul 18.30 WIB. Satu hari berselang, PSM yang akan menjamu PSMS Medan di Makassar.

Tersisa tiga klub yang akan bertanding untuk bertahan di Liga 1 2018. Berdasarkan jadwal di situs resmi Liga 1 2018, Sriwijaya FC akan melawan tuan rumah Arema FC, Jumat (7/12/2018).

Sementara Perseru akan berduel melawan Persipura Jayapura, Sabtu (8/12/2018). Lalu, PS Tira akan menghadapi Borneo FC di Samarinda, Minggu (9/12/2018).




"Semua pertandingan itu akan kami gelar bersamaan pada hari Minggu. Rencananya untuk kick-off pertandingan digelar pada pukul 15.30 WIB bersamaan," ujar dia.

Sebelumnya, isu pengaturan skor kembali mencuat di beberapa pertandingan Liga 1 dan Liga 2. Seperti salah satu yang paling kentara adalah saat laga antara Aceh United dengan PS Mojokerto Putra di Stadion Cot Gapu, Bireuen, pada Senin (19/11).

Dari rekaman video yang beredar, pemain PSMP, Krisna Adi, menembak penalti melenceng jauh. Dia kemudian bersujud syukur usai kegagalan itu.

Juga muncul kabar beberapa pemain Persib Bandung terlibat pengaturan skor. PSSI disarankan untuk menggandeng kepolisian.




(ads/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com