sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 10 Des 2018 13:45 WIB

8 Fakta Menarik Liga 1 2018

Lucas Aditya - detikSport
Pemain Persija Jakarta merayakan gelar juara Liga 1. (Foto: Rifkianto Nugroho/Detikcom) Pemain Persija Jakarta merayakan gelar juara Liga 1. (Foto: Rifkianto Nugroho/Detikcom)
Jakarta - Liga 1 2018 sudah menelurkan Persija Jakarta menjadi kampiun. Berikut ini torehan statistik terbaik dan terburuk yang dicatatkan oleh di antara 18 kontestan.

PSMS Medan, Sriwijaya FC, dan Mitra Kukar merupakan tiga tim yang harus turun kasta. Pantas saja kalau Ayam Kinantan dan Laskar Wong Kito degradasi, kedua tim membukukan kemenangan paling sedikit, 11 kali.

Sementara Persija menjadi peraih kemenangan terbanyak, dengan catatan 18 kali menaklukkan tim lawan. Statistik lainnya ada di bawah ini.

- Persebaya Surabaya menjadi tim paling produktif di Liga 1 musim ini. Bajul Ijo membukukan sebanyak 60 gol dalam 34 pertandingan. David Da Silva yang menjadi topskorer tim dengan 20 gol yang dibukukan.

- Persija paling banyak menang musim ini. Dari 34 kali berlaga, ada 18 laga yang dimenangi. Pantas saja Jaimerson Xavier cs bisa meraih itu, Persija juga menjadi tim paling sedikit kebobolan, cuma 36 kali dari 34 kali bermain.




- Dua tim paling sering kalah ada PSMS dan Mitra kukar. Keduanya 19 kali takluk dari lawan.

- Ada tiga tim yang tak pernah takluk di laga kandang di Liga 1 2018. Persela Lamongan, Barito Putera, dan Arema FC deretannya.

- Persija dan Bhayangkara FC menjadi dua tim dengan catatan kemenangan tandang terbanyak. Keduanya tujuh kali membawa pulang poin penuh dari kandang lawan.

- Penyerang Persebaya Surabaya, David Da Silva, menjadi pencetak hat-trick terbanyak musim ini. Pemain Brasil itu tiga kali menorehkan trigol yang dibukukan ke gawang PS Tira, Mitra Kukar, dan Bali United.

- Di sepajang Liga 1 2018, ada 840 gol yang tercipta dari total 2.619 percobaan.

- Penenonton tertinggi musim ini dicatatkan saat Persija vs Mitra Kukar. Ada 68.873 penonton yang hadir ke stadion.


Simak Juga 'Persija Jawara Liga 1, Menpan RB Apresiasi':

[Gambas:Video 20detik]


(cas/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com