sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 10 Des 2018 15:50 WIB

Andai Persija Tak Jadi Klub Musafir...

Lucas Aditya - detikSport
Pendukung Persija Jakarta merayakan keberhasilan menjadi juara Liga 1 2018. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom) Pendukung Persija Jakarta merayakan keberhasilan menjadi juara Liga 1 2018. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
FOKUS BERITA Persija Juara Liga 1
Jakarta - Persija Jakarta mempunyai rata-rata penonton yang tinggi di Liga 1 2018 meski menjadi tim musafir. Janji membangun kandang Macan Kemayoran kembali mengemuka.

Persija memastikan diri menjadi juara Liga 1 2018 pada akhir pekan lalu. Tim Ibukota mengalahkan Mitra Kukar 2-1 di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (9/12/2018). Sepasang gol Marko Simic menjadi penentu Persija Juara.

Sebanyak 68.873 penonton menjadi saksi Persija menggapai gelar juara liga kasta tertinggi di tanah air. Dengan animo penonton sebesar itu, pantas kalau Simic berharap Persija tak lagi pindah-pindah homebase lagi.

Persija harus menjadi tim musafir musim ini karena GBK direnovasi untuk perhelatan Asian Games 2018. Stadion Pakansari, Stadion Patriot dan Stadion Wibawa Mukti juga sama, hingga Persija terusir dari Jakarta.

Stadion Sultan Agung, Bantul kemudian dipilih menjadi kandang Persija selama stadion di sekitar Jabodetabek masih tak bisa dipakai. Persija juga beberapa kali menggunakan Stadion PTIK sebagai alternatif terakhir.

Rata-rata penonton Persija di musim ini mencapai 22.059 orang di setiap pertandingan. Catatan itu kalah dari Persebaya Surabaya dengan rata-rata penonton 28.549.




Sementara itu, Persib Bandung ada di posisi ketiga dengan rata-rata penonton 16.017 orang. Maung Bandung menjalani sanksi laga usiran karena kasus tewasnya Haringga Sirila.

Persija memang pernah membukukan pertandingan dengan rekor penonton tertinggi. Untuk yang terendah, laga Persija ada yang cuma ditonton 670 orang.

Di kompetisi mendatang, Persija mesti memastikan satu stadion yang bisa dipakai berkandang menetap. Dengan tak adanya multi event tahun depan, kans Persija untuk berkandang di Jabotabek terbuka lebar.

Jakmania juga sudah menagih janji Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, untuk membangun stadion kandang Persija.

"Stadion Alhamdulillah, rencana kami sudah resmi sekarang. Rancangan anggaran disiapkan dan gambarnya sudah jadi. Insha allah awal tahun bisa kita ground breaking lalu mulai pembangunan," kata Anies menjawab mengenai pertanyaan mengenai stadion untuk Persija.




Penonton Persija di Liga 1 2018

Penonton Terbanyak: 68.873 penonton
Penonton Tersedikit: 670 penonton
Rata-rata Penonton: 22.059 penonton

(cas/fem)
FOKUS BERITA Persija Juara Liga 1
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed