sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 04 Jan 2019 21:40 WIB

Revitalisasi Stadion GBT Senilai Rp 50 M Dimulai, Bangku Cadangan Mewah

Deny Prastyo Utomo - detikSport
Stadion Gelora Bung Tomo direnovasi. (Deny Prastyo Utomo/detikSport)
Surabaya - Pemerintah Kota Surabaya menggelontorkan Rp 50 miliar untuk merevitalisasi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Itu demi kenyamanan bonek di Liga 1 2019.

Persebaya Surabaya bertahan di Liga 1. Mereka bermarkas di Stadion GBT.

Agar suporter lebih nyaman, Stadion GBT bakal direnovasi. Pencanangan revitalisasi itu diungkapkan Ketua Panpel Persebaya yang sekaligus Wakil Wali Kota Surabaya, Wisnu Sakti Buana.

"Dari tadi teman-teman Bonek sudah memberikan masukan cukup banyak. Artinya, fasilitas stadion yang paling penting seperti mushola, kamar mandi, dan beberapa titik pendukung di tribune minta kreativitasnya difasilitasi, khususnya di tribune selatan dan utara minta penerangan," kata Wisnu kepada wartawan di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (4/1/2018).


"Namun, nanti akan kami konsultasikan dengan pihak pembangun stadian agar tidak mengganggu yang di lapangan," dia menambahkan.

Wisnu juga menyampaikan jika proyek revitalisasi Stadion GBT sudah di mulai awal 2019. Anggaran sudah disiapkan sekitar Rp 50 miliar.

"Tahun ini sudah dimulai. Karena anggaran sudah disiapkan. Nanti tinggal cek usulan yang tadi, anggaran itu cukup atau tidak. Jika nanti anggaran tersebut tidak mencukupi tinggal diusulkan lagi di BAK. Total anggaran Rp 50 miliar, untuk Dispora Rp 10 miliar sisannya Dinas Cipta Karya untuk pembenahan," kata Wisnu.

Selain revitasilasi fasilitas didalam stadion. Wisnu juga menyampaikan pihak Pemkot Surabaya juga akan melakukan pelebaran jalan akses masuk stadion.

Dari pantauan detikSport, terlihat kursi bench pemain sudah terlihat modern dan juga terdapat dua lorong yang bisa dilipat untuk melindungi pemain saat keluar masuk dari lapangan ke kamar ganti pemain.

"Lorong ini fungsinya buat pemain keluar masuk aman. Sedangkan untuk bench pemain ini dibuat untuk pemain. Sebelumnya selama satu musim kemarin dari pihak Persebaya sendiri. Baru tahun ini ada. Itukan lucu stadion sebesar ini tidak ada fasilitas bench pemain," ujar Wisnu.

Sementar itu, selain dua fasilitas baru tersebut, Wisnu mengatakan jika masih ada banyak fasilitas baru di Stadion Gelora Bung Tomo.

"Nanti ada satu scoring board. Selain itu, nanti ada penambahan lampu sorot ditribun usulan suporter bonek tadi dan juga perbaikan lift stadion yang pada musim lalu tidak bisa digunakan," dia menegaskan.

(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com