sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 06 Jan 2019 13:23 WIB

Persija Tak Risaukan Noda Kolev di PS Tira

Mercy Raya - detikSport
Foto: detikSport/Randy Prasatya
Jakarta - Persija Jakarta tak mempunyai banyak waktu untuk memilih pelatih. Manajemen mempercayakan kursi pelatih kepada Ivan Kolev karena telah mengenalnya.

Persija, yang harsu bermain di Liga Champions Asia 2019 justru ditinggalkan pelatih yang membawa mereka menjadi juara Liga 1 2018, Stefano Cugurra Teco, Manajemen Persija memilih Ivan Kolev sebagai penggantinya.

Kolev bukan orang baru untuk Persija. Dia pernah menangani Macan Kemayoran 1999-2000. Juga pernah menangani tim di liga Indonesia lain, Persipura Jayapura (2006/2007), dan PS Tira (2017).

Selain itu, Kolev tercatat dua kali menjadi pelatih Timnas Indonesia, yakni di periode 2002-2004 dan pada 2007-2008.


"Yang pasti rekam jejaknya cukup pantas untuk meng-handle Persija. Yang kedua relatif dia punya komunikasi dengan pemain yang cukup bagus. Yang ketiga, dia sudah mengerti kultur Indonesia, yang pasti dengan tidak menepikan apa yang dia lakukan PS Tira. Bagi kami seorang pelatih, pemain, klub bisa naik turun. Tapi, itu bukan handicap. Tapi, total perjalanan panjang bukan rekam jejak sesaat," Direktur Umum Persija, Gede Widiade, menjelaskan

Ditunggu Pertandingan Amal

Dia juga menyebut harus bergerak cepat lantaran pendaftaran ke Piala Asia harus segera dilakukan. Termasuk beberapa agenda laga persahabatan yang akan digelar pertengahan Januari ini.

"Tanggal 13 dan 14 Januari Insya Allah charity match di Lampung untuk tsunami, minimal selain teknis juga secara non teknis, psikologis anak-anak mendapat sesuatu dengan melakukan kegiatan sosial dengan charity game. Itu bagi kami sangat besar," kata Gede.

"Kemudian insya Allah 26 Januari nanti timnas Singapura akan mengajak bertanding pemain kami. Harapan kami disamping menyiapkan pemain, juga sebagai trial pemain baru dan Kolev bisa memilih mana pemain trial yang sesuai dengannya," dia menambahkan.

"Bisa dibilang Kolev masih banyak cukup waktu lah. Minimal kalau dia datang baru cari pemain kan butuh waktu lama. Nah, sekarang orang-orang yang berminat dan hunting kami untuk posisi yang kami butuhkan ada yang diundang, ada yang datang sendiri. Nanti kita lihat biar Kolev yang menentukan. Saya tak menutup siapapun yang punya kualifikasi," ujar dia.

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com