sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 28 Jan 2019 07:13 WIB

Ayo Dong, Rumuskan Kriteria Ketua Umum PSSI dari Sekarang

Andi Abdullah Sururi - detikSport
Juru bicara Perkumpulan Sepakbola Indonesia Juara (SIJ) Foto: Istimewa Juru bicara Perkumpulan Sepakbola Indonesia Juara (SIJ) Foto: Istimewa
Jakarta - Kongres PSSI untuk pemilihan ketua umum baru akan digelar 2020. Tapi perumusan kriteria calon ketua umum diharapkan mulai dari sekarang.

Jabatan ketua umum PSSI saat ini dipegang Joko Driyono dengan status pelaksana tugas. Joko Driyono menggantikan peran Edy Rahmayadi yang sebelumnya meninggalkan posisi tersebut.

Sejumlah nama sudah didorong untuk maju dalam bursa calon ketua umum PSSI. Soal ini, Perkumpulan Sepakbola Indonesia Juara (SIJ) berharap kriteria-kriteria calon ketua umum sudah disepakati sejak dini.




Dalam diskusi kelompok terbatas (DKT) bersama pengamat sepak bola, akademisi, pegiat media sosial, dan tokoh masyarakat pada Jumat (26/1/2019) lalu, SIJ mulai mendapatkan kriteria-kriteria tersebut. Tak ada nama spesifik yang dibahas dalam diskusi ini, melainkan murni ingin merumuskan syarat-syarat kuat untuk calon ketua umum PSSI berikutnya.

"Kami tidak membahas nama orang dalam DKT kemarin, yang kami lakukan adalah mempersiapkan kriteria-kriteria yang diharapkan dapat diterima para pemilik suara dalam pemilihan ketua umum PSSI mendatang. Sekali lagi, bukan nama-nama yang kami bahas melainkan kriteria-kriteria dan ini adalah murni pendapat masyarakat," ungkap juru bicara SIJ, Wandi Wanandi, dalam rilis yang diterima detiksport.

Lebih lanjut, diskusi ini diharapkan bisa berlangsung secara kontinu. Dengan demikian, keterlibatan dan masukan dari masyarakat akan lebih besar.




"Hasil DKT pertama memang kami akui masih perlu banyak masukan dari pecinta sepakbola Indonesia lainnya, tapi setidaknya hasil DKT pertama ini dapat menjadi bahan pertimbangan awal. Kami juga akan melaksanakan rangkaian diskusi publik untuk mendapatkan masukan dari kelompok masyakarat yang lebih besar lagi," jelas Wandi.

Dari hasil diskusi kemarin, Wandi menyebut sejumlah kriteria yang merupakan hasil pertimbangan dari sejumlah persoalan sepakbola nasional saat ini. Persoalan-persoalan itu antara lain seperti mafia bola, satgas, drama pengaturan skor, prestasi tim nasional, dan pelaksanaan kompetisi.

Ada 5 kriteria calon Ketua Umum PSSI menurut SIJ, yaitu: mencintai sepakbola Indonesia, berkomitmen mentuntaskan pelanggaran dalam persepakbolaan Indonesia, tidak rangkap jabatan dengan jabatan publik, memiliki kemampuan sebagai administratur, dan tidak terafiliasi dengan partai politik.




"Tujuannya supaya Sepakbola Indonesia Juara," tambah Wandi.

"Seperti yang saya katakan tadi, ini baru langkah awal SIJ dalam memberikan masukan kepada pemilik suara tentang kriteria calon Ketua Umum PSSI yang baru. Kami juga mengundang pecinta sepakbola Indonesia, yang ingin sepakbola Indonesia juara untuk memberikan masukan tentang kriteria calon Ketua Umum PSSI mendatang kepada SIJ," katanya. (raw/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com