sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 19 Feb 2019 14:15 WIB

Jalani Operasi, Rezaldi Absen dari Persija 6-8 Bulan

Femi Diah - detikSport
Rezaldi Hehanussa masuk ruang perawatan enam hingga delapan bulan ke depan. (dok. Persija Jakarta) Rezaldi Hehanussa masuk ruang perawatan enam hingga delapan bulan ke depan. (dok. Persija Jakarta)
Jakarta - Persija Jakarta memastikan operasi cedera tumit kanan Rezaldi Hehanussa sukses. Dia diprediksi bakal menepi hingga enam atau delapan bulan ke depan.

Rezaldi didera cedera tumit kanan sejak lama. Untuk memulihkannya, bek Persija itu menjalani operasi di Rumah Sakit Premier Bintaro, Tangerang pada Senin (18/2/2019) malam.

Operasi tersebut dipimpin oleh dr. Sapto Adjie SpOT. Selain itu, dia didampingi langsung oleh dokter tim Persija, Donny Kurniawan.

"Cedera itu proses menahun, bukan muncul pada satu waktu. Saat ini rasa nyeri itu tak tertahankan lagi. Sebelumnya, kami tak mau cepat-cepat operasi. Kalau buru-buru operasi pun kami buang waktunya terlalu banyak. Selama ini, kami tangani dengan tanpa operasi, yakni mengganti sepatu, obat, kasih bantalan, penguat otot, dan fisioterapi," kata Donny, yang dihubungi detikSport, Selasa (19/2).


"Dengan penanganan itu, outputnya dia bisa mengantarkan Persija juara. Tapi, frekuensi kambuhannya semakin besar. Kami pun mengambil keputusan bersama kalau Rezaldi harus dioperasi," dia menambahkan.

Setelah operasi itu, Rezaldi harus masuk ruang perawatan selama enam hingga delapan bulan. Dia baru dapat merasakan atmosfer lapangan lagi setelah dua bulan ke depan.

"Secara teori sekitar enam bulan untuk penyembuhan. Tapi, bisa lebih panjang enam atau delapan bulan. Sebab, penyembuhan itu memang enggak boleh terburu-buru karena ada tendon yang disambungkan ke tulang," Donny menjelaskan.

"Selama masa pemulihan, Rezaldi ada di bawah pengawasan tim. Selama dua bulan pertama, dia harus menjalani perawatan intensif di bawah pengawasan dokter bedah, saya, dan fisioterapi Rumah Sakit Olahraga Nasional (RSON)," kata Donny.

"Memasuki bulan ketiga atau keempat, barulah kami bawa latihan terkontrol bersama tim. Bukan latihan di tim ya, tapi kami bawa ke mess. Saya baru akan lepas Rezaldi ke lapangan setelah bulan keempat dan kelima. Sisanya kejar adaptasi bersama tim," dia menegaskan.

Sementara itu, Rezaldi bersyukur operasi lancar. Dia berharap proses penyembuhan juga berjalan ideal.

"Alhamdulilah operasi berjalan lancar. Terima kasih semuanya sudah mendoakan saya. Terima Kasih untuk dokter Sapto dan dokter Donny," ujar Bule, sapaan Rezaldi usai operasi di laman resmi klub.




(fem/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed