Awan Setho Jadikan Juara Piala AFF U-22 untuk Kado Nikah Kakak

Angling Adhitya Purbaya - Sepakbola
Rabu, 27 Feb 2019 14:02 WIB
Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/aww
Semarang - Kemenangan Timnas Indonesia dalam Piala AFF U-22 2019 didedikasikan Awan Setho Raharjo kepada sosok spesial. Siapa dia?

Awan merupakan anak kedua dari pasangan Setyadi Widiatmoko (55) dan Hartini (53). Putri pertama mereka, Setha Oktatiasari Pratiwi, atau kakak Awan, menikah tiga hari lalu, Minggu (24/2). Kiper Bhayangkara FC itu tidak bisa hadir.

Itu bukan kali pertama Awan tak bisa bergabung dalam momen istimewa sang kakak. Awan juga absen saat acara tunangan Setha karena berlaga di Asian Games.


Setyadi mengatakan Awan selalu memilki cara untuk turut 'hadir' dalam acara keluarga. Awan, lanjut dia, memiliki kebiasaan menelepon orangtua saat akan bertanding atau setelahnya.

Termasuk saat merayakan sukses juara Piala AFF U-22 2019 usai mengalahkan Thailand 2-1 di babak final, Selasa (26/2). Awan melakukan video call dengan orangtuanya sembari memperlihatkan piala dan medali sebelum masuk ke ruang ganti.

"Sambil bawa piala dan medali dia video call. Dia bilang alhamdulillah dan itu kado buat kakaknya. Dia tidak bisa datang waktu kakaknya nikahan," kata Setyadi ditemui di rumahnya, Komplek PSIS Blok B, Sendangmulyo, Tembalang, Semarang, Rabu (27/2/2019).

Kebanggaan menyelimuti Setyadi dan Hartini ketika peluit panjang akhir pertandingan bergema di Olympic Stadium dengan kemenangan Indonesia. Saat itu Setyadi sedang nobar dengan para tetangga di dekat rumah.

"Saya sangat bangga karena yang dicita-citakannya menjadi Timnas keturutan. Saya dan ibunya yang biasa antar SSB merasa bangga sekali," ujar mantan kiper PSIS Semarang itu.

Awan, lanjut Setyadi, memang suka dengan sepakbola sejak TK dan terus mencatatkan prestasi bahkan mendapat predikat kiper terbaik dalam The Asian School Footbal U15 di Thailand tahun 2011.

"Sudah 2 kali juara AFF, dulu U19 sekarang U22," ujar dia.

Tim terakhir Awan Setho yaitu Bhayangkara FC dan kini memang Awan tercatat sebagai anggota SDM Polda Jateng dengan pangkat Bribda. Setyadi berpesan kepada Awan agar tetap rendah diri dan ikuti instruksi pelatih.

"Tetaplah rendah hati, ramah pada siapapun," ujar Setyadi untuk anaknya.

(alg/fem)