sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 15 Mar 2019 14:59 WIB

Keren dan Modern, 5 Fakta Jakarta International Stadium

Putra Rusdi Kurniawan - detikSport
Jakarta Internastional Stadium akan jadi stadion sepakbola mewah dan modern di Jakarta (CNN Indonesia/Andry Novelino) Jakarta Internastional Stadium akan jadi stadion sepakbola mewah dan modern di Jakarta (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta - Jakarta International Stadium (JIS) resmi mulai dibangun. Stadion ini akan punya fasilitas kelas satu, yang disebut-sebut akan mengalahkan Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Berlokasi di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jakarta International Stadium, resmi mulai dibangun Kamis (14/3/2019) kemarin. Gubenur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meresmikan langsung proses pembangunan tersebut dengan mengundang The Jakmania dan kelompok suporter Persitara Jakarta Utara, NJ Mania.

Hadirnya JIS jelas menjadi kabar gembira bagi warga Jakarta. Stadion ini, seperti yang dijanjikan Anies sebelumnya, diharapkan bisa menjadi kandang masa depan bagi Persija Jakarta.

Dari data yang diperoleh dari rancang bangun Stadion ini, Berikut ini adalah 5 fakta menarik dari JIS.



1. Rampung di 2021 dengan Biaya Sebesar Rp 5 triliun.

Pembangunan JIS dianggarkan akan menghabiskan dana Rp 5 triliun. Ditargetkan Stadion ini bakal bisa digunakan pada tiga tahun mendatang tepatnya pada tahun 2021.

2. Stadion Sepakbola Modern dengan Kapasitas 82.000 penonton.

JIS bakal berkapasitas 82.000 penonton dan bertipe stadion sepakbola modern. Artinya Stadion ini tak akan memiliki lintasan atletik.

Stadion yang terletak di bilangan Jakarta Utara ini bakal memiliki tribun tiga tingkat yaitu lower tribun, middle tribun dan upper tribun.



3. Stadion dengan Fasilitas Mewah

Rumput stadion ini mengunakan hybrid turf yaitu rumput campuran antara rumput alami dan sintetis.

Selain itu, JIS juga bakal memiliki restoran, ruang VIP serta ruang ganti yang cukup mewah. Stadion ini juga bakal ramah bagi pra penyandang disabilitas.

4. Lahan Parkir yang Luas dan Mudah Diakses dengan Transportasi Umum

Tak hanya soal di dalam Stadion, pembangunan JIS juga memperhatikan faktor penunjang lainnya, salah satunya lahan parkir. Rencananya Stadion mewah tersebut bakal memiliki lahan parkir yang luas.

JIS bakal bisa menampung 800 mobil di parkir VIP dan VVIP yang nantinya diperuntukan untuk para pemain dan official tim. Serta 100 bus dilahan parkir bus.

Tak perlu khawatir bakal sulit untuk mencapai JIS. Pasalnya letaknya cukup strategis dan dilewati oleh jalur transportasi umum.

Stadion ini nantinya bakal dilewati oleh jalur kereta api dan LRT (Light Rail Transit). JIS juga rencananya bakal terkoneksi dengan MRT (Mass Rapid Transit).



5. Atap Stadion Bisa Dibuka-tutup

JIS nantinya memiliki atap yang bisa dibuka-tutup. Ada beberapa stadion dunia yang punya kemampuan serupa. Salah satunya adalah Mercedes-Benz Stadium di Atlanta, Amerika Serikat

Disebutkan kalau atap yang dibuka tutup membuat stadion ini bakal sangat mendukung untuk menggelar konser. (din/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com