sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 23 Mar 2019 10:25 WIB

Laporan dari Vietnam

Alasan Indra Sjafri Rombak Starting XI Saat Indonesia Dilumat Thailand

Randy Prasatya - detikSport
Skuat Timnas Indonesia U-23 saat dilumat Thailand 0-4 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020, berbeda dengan ketika menang 2-1 di final Piala AFF U-22. (Foto: R. Rekotomo/aww/Antara Foto) Skuat Timnas Indonesia U-23 saat dilumat Thailand 0-4 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020, berbeda dengan ketika menang 2-1 di final Piala AFF U-22. (Foto: R. Rekotomo/aww/Antara Foto)
Hanoi - Saat dikalahkan Thailand, Indra Sjafri menggunakan skuat Timnas Indonesia U-23 berdasarkan hasil latihan dan uji coba terakhir lawan Bali United. Apa alasannya?

Indonesia sebelumnya sempat mengalahkan Thailand 2-1 di Kamboja, dalam final Piala AFF U-22, 26 Februari 2019. Saat itu, Indra menurunkan skuat yang mampu bermain kolektif di lapangan.

Di posisi kiper ada Awan Setho, kuartet bek diisi Firza Andika, Bagas Adi, Nurhidayat, Asnawi Mangkualam, gelandang ditempati Gian Zola, Muhammad Luthfi dan Sani Rizki, kemudian lini depan dipercayakan kepada Witan Sulaeman, Osvaldo Haay, dan Marinus Wanewar.




Tiga pekan berselang, Indonesia kembali menghadapi Thailand di laga perdana Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Bertanding di Stadion My Dinh, Vietnam, Jumat (22/3), Indra rupanya melakukan perubahan susunan pemain dari winning team-nya di Kamboja.

Di Hanoi, ada empat pemain baru yang diturunkan sejak menit awal. Rachmat Irianto serta Andy Setyo menggantikan Bagas Adi dan Nurhidayat di posisi bek, dan Egy Maulana serta Saddil Ramdani menggantikan posisi Witan dan Osvaldo sejak menit pertama.

Di Akhir laga melawan Thailand, Indonesia kalah 0-4. Gawang Awan Setho dibobol Shinnaphat Leaoh, Supachok Sarachat, dan Supachai Chaided yang memborong dua gol.

Thailand sedianya juga melakukan perubahan. Seluruh pencetak gol ke gawng Indonesia, sebelumnya tidak dimainkan di Kamboja, atau ketika kalah 1-2 dari Indonesia.




Usai pertandingan, Indra menjelaskan alasannya mengubah winning team-nya di Piala AFF U-22 kemarin. Pria asal Padang itu rupanya menggunakan skuat berdasarkan latihan pasca juara dan hasil uji coba terakhir melawan Bali United, 17 Maret 2019, yang dimenangkan dengan skor 3-0.

"Kami memilih tim berdasarkan hasil latihan sebelumnya dan di laga sebelumnya, kami mengalahkan Bali United," kata Indra di konferensi pers.

"Setelah itu, kami berpikir pemain yang turun di laga ini merupakan pemain yang siap. Saya juga pikir mereka tampil baik di laga melawan Bali United tersebut," tegasnya.

Selanjutnya Indonesia akan menghadapi Vietnam di Stadion My Dinh, Minggu (24/3), dalam laga kedua Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020.


(ran/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com