sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 26 Mar 2019 12:12 WIB

Laporan dari Vietnam

Prediksi Susunan Pemain Indonesia Vs Brunei: Waktunya Para Pelapis

Randy Prasatya - detikSport
Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. (Foto: Antara Foto/R. Rekotomo) Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. (Foto: Antara Foto/R. Rekotomo)
Jakarta - Timnas Indonesia tinggal menjalani laga formalitas dengan Brunei Darussalam. Para pemain pelapis sepertinya akan mendapat kesempatan.

Garuda Muda dan Brunei akan berduel di My Dinh, Selasa (26/3/2019) sore WIB. Laga itu merupakan lanjutan Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020.

Indonesia dan Brunei sama-sama kalah pada dua pertandingan awal. Laga ketiga ini akan menjadi penentu yang akan menjadi juru kunci klasemen Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 .

Indonesia tak bisa diperkuat oleh beberapa pemain kunci dalam pertandingan melawan Brunei. Marinus Maryanto Wanewar dan Muhamad Luthfi Kamal tak bisa bermain karena akumulasi kartu. Sementara Firza Andika mengalami masalah pergelangan kaki.

Marinus merupakan striker utama Timnas U-23 sejak ajang Piala AFF U-22. Setelah tampil cukup oke di Kamboja pada bulan lalu, pemain jebolan PPLP Papua itu mejan di Hanoi. Dalam dua pertandingan, dia terisolasi hingga tak bisa memberikan ancaman berarti untuk gawang lawan. Saat melawan Vietnam, Marinus cuma sekali melepaskan tembakan ke gawang.

Sementara itu, Luthfi merupakan pengatur serangan Timnas U-23. Di laga melawan Vietnam, pemain Mitra Kukar itu juga menjadi ancaman via eksekusi bola mati. Perannya kian krusial karena juga sebagai pemutus serangan di lini tengah.




Untuk lini depan, Indra Sjafri mempunyai beberapa alternatif. Dimas Drajad merupakan satu-satunya pilihan untuk pos striker tengah.

Pemain PS TNI itu selalu menjadi pemain pengganti dalam dua pertandingan sebelumnya. Sejak Piala AFF U-22, Dimas Drajad belum mampu menjaringkan bola untuk Timnas.

Sebagai alternatif, Osvaldo Haay, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, atau Witan Sulaeman bisa menjadi alternatif untuk mengisi lini serang. Osvaldo sepertinya bisa menjadi pilihan paling pas untuk mengisi pos striker tengah kalau Dimas Drajad kembali dicadangkan.

Sementara untuk jangkar, Hanif Sjahbandi kemungkinan akan menjadi pilihan Indra Sjafri. Pemain Arema FC itu sudah beberapa kali menjalankan peran itu, bahkan sejak Timnas U-23 ditangani oleh Luis Milla.

Kehadiran Sani Rizki Fauzi di lini tengah Timnas terbukti membuat permainan tim Merah-Putih menjadi lebih seimbang. Gian Zola pantas untuk mendapatkan kesempatan lagi menjadi starter, menemani Hanif dan Sani.

Indra Sjafri sudah mengungkapkan memang akan mencoba melakukan rotasi di laga ini, terutama untuk memberi kesempatan pada beberapa pemain yang belum turun dalam turnamen ini.




"Ya, mungkin akan rotasi. Kami akan coba pemain-pemain yang belum main," kata Indra.

Bek kiri Indonesia, Firza Andika, sedang mengalami masalah di bagian pergelangan kaki. Dia juga berlatih terpisah pada Senin (25/3). Posisinya bisa saja diisi oleh Samuel Christianson Simanjuntak.

"Firza ada masalah di bagian pergelangan kaki. Kita lihat saja besok apakah dia akan main," kata Indra.

Untuk menemani Samuel, Bagas Adi Nugroho dan Nurhidayat pantas kembali mendapatkan kesempatan. Sementara untuk pos bek kanan, Asnawi Mangkualam Bahar sepertinya masih akan dimainkan.

Di bawah mistar, tinggal Muhamad Riyandi yang belum bermain. Bisa jadi Indra Sjafri akan memberinya kesempatan beraksi.

Prediksi Susunan Pemain Indonesia vs Brunei

Indonesia: Muhamad Riyandi, Samuel Christianson Simanjutak, Bagas Adi Nugroho, Nurhidayat, Asnawi Mangkualam Bahar, Hanif Sjahbandi, Gian Zola, Sani Rizki Fauzi, Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri




Simak Juga "Garuda Muda Gelar Latihan Jelang Laga Akhir Lawan Brunei":

[Gambas:Video 20detik]

(ran/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed