sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 28 Mar 2019 15:36 WIB

Satgas Anti Mafia Bola: 16 Tersangka Pengaturan Skor, 7 Ditahan

Mukhlis Dinillah - detikSport
Ketua Satgas Anti Mafia Bola Hendro Pandowo dalam diskusi di Bandung. (Mukhlis Dinillah/detikSport)
Jakarta - Plt ketua Umum PSSI, Joko Driyono, resmi ditahan Satuan Tugas Anti Mafia Bola Polri. Penahanan Jokdri itu menambah panjang deretan pelaku industri sepakbola yang terlibat kasus dugaan pengaturan skor.

Satgas Anti Mafia Bola Polri bekerja selama tiga. Sejak dibentuk ditetapkan 16 tersangka dugaan pengaturan skor, termasuk plt ketum PSSI, Joko Driyono.

Ketua Satgas Anti Mafia Bola Polri, Brigjen Hendro Pandowo, mengatakan pengungkapan kasus pengaturan skor itu berasal dari berbagai laporan yang diterima. Kemudian, Satgas melakukan pengembangan hingga sejumlah orang ditetapkan tersangka.


"Belasan orang yang jadi tersangka ini beragam mulai dari PSSI, wasit hingga pegiat di industri sepakbola," kata Hendro dalam FGD bertema membangun masa depan sepakbola Indonesia bersama Satgas Anti Mafia Bola di Hotel El Royal, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Kamis (27/3/2019).

Hendro menjelaskan dari 16 tersangka, tujuh di antaranya ditahan. Paling terbaru, Plt Ketum PSSI Jokdri ditahan di Rutan Polda Metro Jaya hingga 20 hari ke depan karena dugaan kasus pengaturan skor.

"Kami sudah menangani 16 tersangka, tujuh di antaranya penahanan. sembilan perkara sedang kita tangani," kata dia.

Petinggi PSSI yang juga menjadi tersangka pengaturan skor ini ada anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI sekaligus Ketua Asprov PSS Jawa Tengah, Johar Ling Eng dan anggota Exco lainnya, Hidayat.

Selain itu, anggota Komisi Disiplin PSSI, Komite Wasit, wasit juga terlibat dalam lingkaran mafia sepakbola di Tanah Air.

(mud/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com