sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 28 Mar 2019 22:48 WIB

Tiru Real Betis, Laga Persebaya dan PS TIRA Persikabo Suguhkan Hujan Boneka

Hilda Meilisa Rinanda - detikSport
Persebaya Surabaya akan meniru aksi sosial Real Betis. (CRISTINA QUICLER / AFP) Persebaya Surabaya akan meniru aksi sosial Real Betis. (CRISTINA QUICLER / AFP)
FOKUS BERITA Piala Presiden 2019
Surabaya - Duel Persebaya Surabaya dengan PS Tira Persikabo di babak delapan besar Piala Presiden 2019 akan menunjukkan aksi sosial. Meniru Real Betis, akan ada hujan boneka di laga itu.

Pertandingan antara Persebaya dengan Tira Persikabo itu dilangsungkan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Jumat (29/3). Tak cuma soal kalah menang, Persebaya akan mengajak penonton untuk melakukan aksi sosial.

Caranya, dengan mengadakan hujan boneka oleh Bonek Mania. Aksi itu diklaim menjadi yang pertama di Indonesia.

"Saya rasa sih programnya sama dengan apa yang dilakukan dengan Real Betis (ditujukan untuk anak-anak yang membutuhkan) saat melawan Eibar pada Desember 2018. Ini juga dilakukan untuk aksi sosial. Kami sangat mendukung acara tersebut. Saya berharap ini juga bisa mengedukasi kawan-kawan lainnya," kata salah satu Bonek, Hasan Tiro, saat dikonfirmasi di Surabaya, Kamis (28/3/2019).

Hasan menambahkan kegiatan itu disambut antusias oleh Bonek. Baik Bonek dari tribune timur, utara, selatan, dan gate 21.


"Respons positif dari teman-teman Bonek, terkait acara ini. Mereka cukup antusias untuk datang dan membawa boneka," Hasan menambahkan.

"Kalau target, kita kan menyesuaikan sama banyaknya suporter. Jadi kami belum bisa memberikan pasti berapa jumlah boneka nantinya yang akan dilempar," dia menjelaskan.

Dalam aksi ini, Bonek pun menetapkan syarat. Yakni jika boneka yang akan dilempar harus terbungkus plastik agar tidak kotor.

Sementara itu, panitia pelaksana (panpel) pertandingan Persebaya, Wisnu Sakti Buana, mendukung penuh aksi Hujan Boneka ini. Panpel tak hanya mengumpulkan boneka, namun menyiapkan boneka untuk Bonek dan Bonita yang lupa membawanya.

"Kami akan menyiapkan boneka, hanya saja nanti kita akan lihat kondisinya seperti apa," kata Wisnu.

Saat ditanya jumlah boneka yang disediakan, Wisnu masih belum bisa memastikan.

"Jumlahnya kita lihat kondisi sajalah. Tidak usah saya sebutkan. Intinya nanti cukuplah," ujar Wisnu.

Selain itu, aksi Hujan Boneka pada jeda pertandingan ini dilakukan untuk membantu para penderita kanker di Surabaya maupun Jawa Timur. Wisnu juga mengapresiasi hal ini dengan menyediakan karung untuk menampung boneka yang terkumpul.

"Itu adalah kreatifitas Bonek untuk membantu para penderita kanker, sedangkan kita dari panpel juga akan menyediakan karung-karung untuk menampung boneka itu," ujar Wisnu.

(fem/fem)
FOKUS BERITA Piala Presiden 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com