sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 29 Mar 2019 17:36 WIB

Hasil Piala Presiden 2019: Taklukkan Tira-Persikabo, Persebaya ke Semifinal

Deni Prastyo Utomo - detikSport
Foto: Infografis Detiksport
FOKUS BERITA Piala Presiden 2019
Surabaya - Persebaya Surabaya vs Tira-Persikabo di perempatfinal Piala Presiden 2019 sudah selesai. Bajul Ijo menang 3-1 atas The Army hingga lolos ke semifinal.

Di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (29/3/2019) sore WIB, Persebaya bisa unggul cepat. Manuchekhr Dzhalilov yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit kedua.

Umpan silang Amido Balde dari sayap kiri, disundul Irfan Jaya ke tengah kotak penalti Tira-Persikabo. Dzhalilov melakukan tendangan salto untuk membawa Bajul Ijo unggul 1-0.

Persebaya terus menekan. Peluang berbahaya lainnya hadir pada menit ke-21. Tendangan Ruben Sanadi bisa ditahan oleh kiper Tira-Persikabo, Angga Saputra.

Angga Saputra mampu melakukan penyelamatan lagi! Sundulan Dzhalilov pada menit ke-24, masih bisa ditepis oleh eks pemain Madura United itu.

Ruben Sanadi bisa merebut bola dari pemain Tira-Persikabo di kotak penalti lawan. Tendangannya masih belum tepat sasaran, menggetarkan samping gawang.

Serangan Tira-Persikabo pada menit ke-40 masih belum optimal. Umpan silang Rifad Marasabessy bisa ditangkap degan sempurna oleh Miswar.




Hingga jeda tak ada lagi gol tambahan, tim asuhan Djajang Nurjaman unggul 1-0 saat jeda.

Tira Persikabo mengancam gawang Persebaya pada menit ke-53. Umpan Miswar dari kotak penalto malah mengarah ke Parfait Essengue. Pemain asal Kamerun itu melepaskan tendangan jauh, masih meleset karena membentur pemain Persebaya.

Tim tamu mengancam lagi pada menit ke-57. Berawal dari tendangan sudut, tercipta kemelut. Tendangan Ciro masih bisa diblok barisan belakang Persebaya.

Usaha tim asuhan Rahmad Darmawan membuahkan hasil pada menit ke-62. Osas Saha yang menjebol pertahanan Persebaya. Tendangan sudut Wawan Febrianto disambut dengan sempurna oleh eks pemain Persija itu.

Amido Balde gagal memanfaatkan peluang pada menit ke-79. Dia kalah beradu lari dengan pemain belakang Tira-Persikabo hingga serangan Persebaya cuma berbuah tendangan sudut.

Angga Saputra melakukan penyelamatan. Tendangan jarak jauh Damian Lizio bisa ditangkap dengan sempurna pada menit ke-80. Beberapa saat kemudian Tira-Persikabo balik mengancam. Percobaan Ciro masih sedikit di atas mistar gawang Miswar.




Persebaya mendapatkan penalti pada menit ke-87! Osvaldo Haay dilanggar oleh Abduh Lestaluhu di dalam kotak penalti. Lizio yang menjadi eksekutor sukses menceploskan bola ke gawang.

Balde mengunci kemenangan Persebaya. Muhammad Hidayat mencuri bola dari Essengue, bisa mengirim umpan ke Oktafianus Fernando.

Umpan silang pemain nomor punggung delapan itu diselesaikan dengan sempurna oleh Balde, Persebaya unggul 3-1.

Keputusan wasut tak memberi pelanggaran saat Hidayat merebut bola dari Essengue diprotes oleh Rifad. Pemain nomor punggung 12 itu sampai mendorong wasit, hingga mendapat kartu merah langsung.

Tira-Persikabo bermain dengan 9 orang di masa injury time Manahati Lestusen meninggalkan lapangan lebih cepat karena menanduk Hidayat.

Tak lama kemudian laga selesai, Persebaya ke semifinal setelah menaklukkan Tira-Persikabo 3-1. Saat laga selesai, ofisial pertandingan dikejar oleh pemain Tira-Persikabo.




Susunan Pemain

Persebaya: Miswar, Novian, Dutra, Hansamu, Ruben, Fandi, Misbakus, Lizio, Irfan, Jalilov, Balde

Tira-Perskabo: Angga, Khurshed, Abduh, Rifad, Vava, Ciro, Guntur, Pafait, Wawan, Arnaud, Osas



Simak Juga 'Piala Presiden Wajib Bersih dari Pengaturan Skor':

[Gambas:Video 20detik]

(cas/mrp)
FOKUS BERITA Piala Presiden 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com