sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 10 Mei 2019 21:07 WIB

RD Masih Penasaran Denganmu, Timnas Indonesia

Yanu Arifin - detikSport
Rahmad Darmawan penasaran medali emas SEA Games. (Grandyos Zafna/detikSport) Rahmad Darmawan penasaran medali emas SEA Games. (Grandyos Zafna/detikSport)
Bogor - Dua kali Rahmad Darmawan nyaris menyumbang gelar untuk Timnas Indonesia di level Internasional. Kegagalan itu membuat pelatih berusia 52 tahun itu penasaran.

Pria yang akrab disapa RD itu pernah dipercaya menjadi pelatih Timnas Indonesia. Pada 2011 dan 2013, diberi mandat untuk memimpin tim U-23 berlaga di SEA Games.

Pada 2011, RD nyaris membawa Indonesia juara. Tampil oke sejak fase grup hingga semifinal, Garuda Muda harus kalah adu penalti 3-4 dari Malaysia di final, setelah berimbang 1-1 dalam 120 menit.

Dua tahun berselang, RD kembali diminta menjadi pelatih Timnas Indonesia U-23. Ia lagi-lagi membawa skuat Merah Putih ke final, namun kandas di babak puncak setelah kalah 0-1 dari Thailand.


Dua kali kegagalan itu membuat RD masih penasaran. Ia mengaku akan dengan senang hati melatih Timnas Indonesia lagi jika ada tawaran.

"Buat saya, melatih timnas itu sebuah kebanggaan tapi juga sebuah tanggung jawab besar. Profesi seorang pelatih bisa memegang tim nasional itu tentu luar biasa dan saya selalu akan punya motivasi untuk itu. Dan suatu saat, kalau kesempatan itu datang, saya akan ambil sikap dengan mengutamakan panggilan timnas," kata RD kepada detikSport.

"Utang dua kali saya menjadi runner up di SEA Games itu juga hal yang terus membuat saya penasaran," ujar pelatih PS TIRA Persikabo itu.

(yna/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com