sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 14 Mei 2019 18:25 WIB

Kalteng Putra: Ancaman Si Anak Baru

Yanu Arifin - detikSport
Kalteng Putra bisa menjadi ancaman serius di Liga 1 2019. (Foto: Rifkianto Nugroho) Kalteng Putra bisa menjadi ancaman serius di Liga 1 2019. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Kalteng Putra bakal menjadi 'anak baru' di kompetisi Liga 1 2019. Kendati demikian, Laskar Isen Mulang bisa menebar ancaman serius.

Kalteng Putra akan berlaga di Liga 1 2019. Keberhasilan menempati peringkat ketiga di Liga 2 2018 yang meloloskan mereka ke kasta tertinggi bersama PSS Sleman dan Semen Padang.

Sempat dihantam isu pengaturan skor, Kalteng Putra nyatanya tetap terdaftar sebagai peserta Liga 1 2019. Masuknya tim asal Palangkaraya, Kalimantan Tengah, ke liga tertinggi akan meramaikan persaingan musim ini.




Kuda Hitam


Kalteng Putra: Ancaman Si Anak BaruPemain Kalteng Putra merayakan keberhasilan promosi ke Liga 1 2019. (Foto: Grandyos Zafna/detikSport)


Kalteng Putra membuktikan dirinya mampu bersaing saat berlaga di Piala Presiden 2019. Merekrut Mario Gomes de Olivera sebagai pelatih, pemainan Patrich Wanggai bisa merepotkan tim-tim Liga 1.

Di Piala Presiden, Kalteng Putra bisa mengalahkan PSM Makassar dan Persipura Jayapura, serta hanya kalah dari PSIS Semarang di fase grup. Lolos ke perempatfinal, Kalteng bisa mengalahkan juara bertahan Liga 1 yakni Persija Jakarta.

Bertanding di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Kalteng Putra menang adu penalti 4-3 atas Persija, setelah berimbang 1-1 di waktu normal. Kiprah Kalteng Putra pun baru berakhir di semifinal, setelah didepak Arema FC dengan agregat 0-6.

Performa itu setidaknya membuktikan, permainan Kalteng putra berpotensi merepotkan tim-tim penghuni kasta tertinggi.

Permainan Kalteng Putra sendiri cukup mengandalkan kolektivitas tim. Dengan nyaris tidak ada pemain yang menonjol, kekompakan menjadi salah satu kekuatan utama mereka.




Materi Pemain Mumpuni

Kalteng Putra: Ancaman Si Anak BaruGelandang Kalteng Putra Dendi Agustan Maulana. (Foto: Grandyos Zafna/detikSport)


Kalteng Putra juga didukung materi pemain yang mumpuni. Meski bukan bernama besar, klub yang dimiliki H. Agustiar Sabran, bos tambang cum politikus itu punya kualitas yang cukup bersaing.

Di Piala Presiden misalnya, kita melihat kualitas kiper Dimas Galih yang mampu menahan gempuran-gempuran pemain bertipe menyerang dari Persipura. Sementara di lini belakang, pemain-pemain berpengalaman juga mengisi jantung pertahanan Kalteng putra seperti OK John, Bobby Satria, dan Indra Permana.

Di tengah, ada kombinasi pemain muda dan senior seperti Rizky Febrianto, Fajar Handika, Yoo Hyun-goo, dan I Gede Sukadana. Sementara di depan, duet striker Diogo Campos dan Patrich Wanggai cukup merepotkan barisan pertahanan lawan.


Kalteng Putra: Ancaman Si Anak BaruMario Gomez de Oliveira. (Foto: Deny Prastyo Utomo/detiksport)

Kombinasi pemain itu cukup apik dipoles Gomes de Olivera, pelatih yang dalam beberapa musim terakhir bisa membawa Madura United bersaing di papan atas Liga 1.

Setidaknya, dengan materi pemain dan trek rekornya di Piala Presiden, Kalteng Putra diprediksi bisa merepotkan tim-tim besar di Liga 1 2019. Papan tengah pun cukup layak mereka dapatkan di kasta tertinggi musim ini.


(yna/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com