sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 23 Mei 2019 18:49 WIB

Mengenal Timnas Vanuatu, Lawan Indonesia di Laga Uji Coba

Yanu Arifin - detikSport
Dokumentasi Timnas Vanuatu pada 2007. (Foto: Marty Melville/Getty Images) Dokumentasi Timnas Vanuatu pada 2007. (Foto: Marty Melville/Getty Images)
Jakarta - Salah satu lawan uji coba Timnas Indonesia selanjutnya adalah Timnas Vanuatu. Berikut profil calon lawan Tim Garuda tersebut.

Indonesia diagendakan berujicoba dengan Timnas Vanuatu pada 15 Juni mendatang. Laga itu berselang empat hari, setelah skuat Merah Putih lebih dulu berujicoba dengan Yordania pada 11 Juni 2019.

Ketimbang Yordania, Vanuatu punya peringkat yang lebih rendah dari Indonesia. Di situs FIFA, Vanuatu berada di peringkat ke-166, hanya berselisih tujuh poin dengan Indonesia di peringkat 159. Sementara Yordania berada di posisi ke-97.




Vanuatu merupakan negara kepulauan di Samudra Pasifik, berada di timur Australia Utara, timur laut Kaledonia Baru, timur Nugini, tenggara dari Kepulauan Solomon, dan sisi barat dari Fiji.

Letak itu membuat Republik Vanuatu tergabung dalam konfederasi sepakbola Oseania. Mereka belum pernah berlaga di Piala Dunia, prestasi terbaiknya cuma menjuarai Piala Melanesia pada 1990 dan Wantok Cup pada 2011.

Vanuatu pertama kali mengikuti kompetisi resmi FIFA pada 2017. Dua tahun silam, negara dengan penduduk 250 ribu jiwa itu mengikuti Piala Dunia U-20 di Korea Selatan, namun langsung kandas di fase grup.

Vanuatu juga punya liga sepakbola yang bernama Port Vila Football League. Digelar sejak 1994, kompetisi itu kasta tertinggi di sepakbola mereka, di atas Divisi 2 Port Vila dan Divisi 1 Port Vila.




Saat ini, Vanuatu dilatih oleh Paul Minster, pelatih kelahiran Belfast, Irlandia Utara. Pria berusia 37 tahun itu sempat sukses di India, dengan meraih gelar Punjab Super League bersama Minerva Punjab.

Menghadapi Indonesia, Vanuatu punya pemain seperti Jean Kaltack, yang punya catatan 9 gol dari 8 caps dan Robert Tasso, yang punya lima gol dari 9 kali penampilan.

Timnas Indonesia sendiri sudah memanggil 25 pemain untuk menghadapi Timnas Vanuatu plus Marc Klok. Laga ini menjadi persiapan Indonesia menuju Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan kualifikasi Piala Asia 2023. (yna/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com