sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 28 Mei 2019 18:16 WIB

Bali United Setuju Ada VAR di Liga 1, tapi...

Randy Prasatya - detikSport
Video Assistant Referee (VAR) diwacanakan ada di Liga 1. (Foto: Michael Steele/Getty Images) Video Assistant Referee (VAR) diwacanakan ada di Liga 1. (Foto: Michael Steele/Getty Images)
FOKUS BERITA Wacana VAR di Liga 1
Jakarta - Chief Executive Officer (CEO) Bali United, Yabes Tanuri, menyambut baik wacana adanya VAR (Video Assistant Referee) di Liga 1. Namun juga harus diimbangi dengan orang yang mengoperasikan.

"Kami setuju saja. Kami mendukung kalau soal teknologi, Bali United selalu mendukung inovasi," kata Yabes saat dihubungi detikSport.

Adanya VAR akan membutuhkan tambahan orang untuk mengoperasikannya. Pada Piala Dunia 2018, setiap laga dipantau oleh tim yang beranggotakan 13 petugas yang bekerja di Pusat Penyiaran Internasional, berlokasi di Kota Moskow.


Yabes ingin penggunaan VAR nantinya tidak terkendala oleh orang yang mengoperasikannya. Butuh orang khusus untuk memonitor VAR.

"Silakan pakai VAR tapi jangan sampai yang mengoperasikan alatnya belum bisa. Kalau hanya pengadaan alatnya gampang. Ada yang bisa baca alatnya itu atau tidak? Mesti dipelajari dulu dan ada lisensi khusus untuk itu," Yabes melanjutkan.

"Kalau pun sudah ada harus cukup SDM-nya. Kalau cuma enam orang, bagaimana caranya? Pertandingan dalam sepekan ada sembilan. Masa orangnya itu-itu terus," tegasnya.

(ran/fem)
FOKUS BERITA Wacana VAR di Liga 1
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com