sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 25 Jun 2019 18:37 WIB

AFF Dukung Indonesia dan ASEAN Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Mercy Raya - detikSport
Foto: REUTERS/Darren Whiteside Foto: REUTERS/Darren Whiteside
Jakarta - Rencana Indonesia dan negara ASEAN untuk menjadi untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 didukung sejumlah pihak. Asosiasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) salah satunya.

Sepuluh negara anggota ASEAN sepakat untuk meluncurkan tawaran bersama untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA pada 2034. Gagasan itu diajukan kepada para pemimpin regional pada KTT ASEAN ke-34 di Thailand, pada Minggu (23/6/2019).

Presiden AFF, Khiev Sameth, mendukung langkah itu dalam pidato KTT ASEAN ke-34, Selasa (25/6/2019).

"Kami menyambut baik rencana tersebut. Kami berpendapat bahwa ASEAN yang secara kolektif merupakan ekonomi terbesar ketiga di Asia dan terbesar ketujuh di dunia, memiliki potensi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA yang sukses," kata Sameth seperti dikutip dari situs AFF.


Menurutnya, Piala Dunia FIFA yang diselenggarakan oleh ASEAN akan menghasilkan manfaat ekonomi dan olahraga untuk seluruh wilayah.

"Selain itu, dapat memperkuat ikatan di antara 640 juta orang," dia menjelaskan.

Gagasan memberlakukan tuan rumah bersama Piala Dunia pertama kali dicetuskan oleh Jepang dan Korea Selatan. Saat itu, mereka sukses menggelar tuan rumah bersama pada Piala Dunia 2002.

Tahun lalu, FIFA juga memberikan kesempatan menggelar Piala Dunia bersama 2026 kepada Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko.

"AFF akan melibatkan para pemangku kepentingan dan melihat kemungkinan mengajukan penawaran untuk hak hosting sementara. Kami juga akan mempertimbangkan faktor-faktor utama termasuk persyaratan minimum yang telah ditentukan sebelumnya untuk menjadi tuan rumah kompetisi, jadwal waktu dan pertimbangan lainnya," dia menambahkan.

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed