sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 14 Jul 2019 15:00 WIB

M.Ridho Tifus Perpanjang Pemain Tumbang, Madura United Soroti Jadwal Padat

Mercy Raya - detikSport
Madura United mengeluhhkan jadwal padat dalam sebulan terakhir: 9 laga dalam 30 hari. (Abriawan Abhe/wsj/Antara) Madura United mengeluhhkan jadwal padat dalam sebulan terakhir: 9 laga dalam 30 hari. (Abriawan Abhe/wsj/Antara)
Jakarta - Manajemen Madura United meminta operator liga, PT. Liga Indonesia Baru (LIB), lebih jeli menyusun jadwal pertandingan. Itu agar tak jatuh korban akibat jadwal padat seperti penggawa-penggawa Laskar Sapeh Kerab, M. Ridho.

Kritik itu diungkapkan Madura United melalui akun Instagram @maduraunited.fc. Disebutkan Muhammad Ridho, kiper Madura United, terpaksa menepi hampir sebulan karena sakit tifus karena menjalani jadwal turnamen yang melelahkan.

Selain mengumumkan kondisi Ridho, manajemen juga mengunggah jadwal dua turnamen, yakni Piala Indonesia dengan Liga 1, yang sangat pendek. Madura United harus menjalani sembilan pertandingan dalam tempo satu bulan, mulai 19 Juni hingga 20 Juli. Artinya, Madura United tampil setiap tiga atau empat pertandingan, tak hanya dalam laga kandang, namun juga tandang.


Beberapa kasus kesehatan pemain diungkapkan dalam unggahan itu. Di antaranya, Andik Vermansah cedera hamstring saat Madura United menghadapi Persebaya pada 27 Juni di Piala Indonesia. Kemudian, 13 pemain terserang flu saat Madura United melawat ke markas PSM Makassar dalam leg pertama semifinal Piala Indonesia, dalam laga kandang dengan PSM di Liga 1 Ridho yang harus menginap di RSUD Pamekasan.

Daftar pemain Madura United yang bermasalah dengan kesehatan masih berlanjut. Fandri Imbiri mengalami kram saat Madura United menjamu PSM Makassar pada leg kedua semifinal Piala Indonesia. Setelah itu, saat Madura United harus tampil menghadapi Tira Persikabo pada 12 Juli, Ridho dinyatakan terkena tifus dan Greg Nwokolo demam. Mereka pun tak bisa tampil dalam lawatan ke markas Persipura Jayapura pada 16 Juli.

Dalam laga dengan PS. Tira, Jumat (12/7) Ridho absen dan Madura United menurunkan M. Ridwan. Mereka meraih hasil imbang 2-2. Saat ini, Madura United berada di peringkat tiga klasemen sementara Liga 1 (14 poin dari enam kali laga).

Manajer Madura United, Haruna Soemitro, menyebut jadwal padat membuat pemain kelelahan.

"Anjuran dokter bisa cukup lama sampai dengan 2-3 minggu (istirahatnya). Jelas ini kerugian besar tidak hanya bagi Madura tapi bagi Timnas karena dia salah satu aset timnas," kata Haruna kepada detikSport, Minggu (14/7/2019).

"Idealnya jadwal pasti sudah tahu para pengurus LIB, tapi rupanya mereka hanya berpikir kejar tayang, khususnya televisi partner dan sponsor. Namun, mengabaikan waktu recovery yang cukup bagi pemain," dia menjelaskan.





Simak Video "Dejan Antonic Resmi Nakhodai Madura United"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com