sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 26 Agu 2019 19:03 WIB

Ibu Kota Baru Indonesia di Kaltim, Provinsi yang Punya Banyak Stadion

Randy Prasatya - detikSport
Stadion Segiri menjadi markas Borneo FC. (Foto: dok. Borneo FC) Stadion Segiri menjadi markas Borneo FC. (Foto: dok. Borneo FC)
Jakarta - Kalimantan Timur telah ditunjuk sebagai ibu kota baru Indonesia. Kaltim adalah provinsi yang punya banyak stadion sepakbola.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai ibu kota Indonesia yang baru. Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanaegara dianggap sebagai wilayah yang ideal.

Kaltim menjadi wilayah yang berpotensi oke untuk berkembang dari segi olahraga. Di sana terdapat banyak stadion sepakbola, yang bisa juga digunakan untuk berbagai cabang olahraga.

Stadion Segiri berada di pusat kota Samarinda, Kalimantan Timur. Stadion dengan kapasitas 13.000 penonton tersebut saat ini menjadi markas dari tim Liga 1, Borneo FC.


Ada pula Stadion Utama Palaran. Stadion serbaguna itu juga terletak di Samarinda, yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Kaltim untuk menghadapi PON XVII pada 2008.

Samarinda juga punya Stadion Madya Sempaja. Stadion ini memiliki kapasitas sekitar 15.000 penonton. Stadion Madya Sempaja pernah terpilih menjadi stadion terbaik Divisi I Liga Indonesia 2007.

Di kawasan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim, ada Stadion Aji Imbut. Stadion yang resmi dibuka pada 2008 ini menjadi markas Mitra Kukar.

Bergeser ke Batakan, kota Balikpapan, Kalimantan Timur, ada Stadion Batakan. Stadion ini digunakan oleh tim Persiba Balikpapan di Liga 2.

Bontang juga punya venue sepakbola yang diberi nama Stadion Mulawarman. Stadion dengan kapasitas 12.000 penonton itu menjadi rumah untuk klub Bontang FC.

Selanjutnya ada Stadion Benuo Taka yang merupakan sarana olahraga, khususnya sepakbola. Stadion ini ada di daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Balikpapan. Awalnya, pihak Stadion Benuo Taka telah menawarkan untuk menjadi markas Persiba Balikpapan pada Liga 1 2017.






Simak Video "Ibu Kota Pindah, Smartfren Perluas Jaringan di Kalimantan Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com