sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 05 Sep 2019 18:35 WIB

Abaikan Rekomendasi FIFA, PSSI Gelar Kongres November

Randy Prasatya - detikSport
Gusti Radna menyebut Kongres PSSI untuk pemilihan ketua umum berlangsung 2 November. (Rengga Sancaya/detikSport)
Jakarta - PSSI menetapkan pelaksanaan Kongres Pemilihan Ketua Umum pada 2 November 2019. PSSI mengabaikan rekomendasi FIFA agar agenda itu dilangsungkan 20 Januari 2020.

Wacana bergulirnya Kongres Pemilihan Ketum PSSI pada 2 November berhembus sejak Kongres Luar Biasa (KLB) pada 27 Juli 2019 di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara. Padahal, sebelumnya, PSSI bersikukuh untuk menggelar Kongres Pemilihan Ketua Umum pada Januari 2020.

Usulan agar Kongres dipercepat disampaikan kepada FIFA. Dalam prosesnya, FIFA merespons agar PSSI menjalankan Kongres sesuai jadwal semula, awal tahun depan.

Jawaban FIFA direspons PSSI dengan menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) pada 17 Agustus. Federasi sepakbola Indonesia itu memutuskan pemilihan ketua umum baru beserta kepengurusannya pada 2 November 2019.


"Fix 2 November. Pada 17 Agustus, Exco rapat. Berdasarkan road map, FIFA tetap minta tanggal 20 Januari (2020), tapi exco memutuskan tetap tanggal 2 November. Surat sudah diberikan ke FIFA," kata anggota exco, Gusti Randa, di Hotel Sultan, Kamis (5/9/2019) sore WIB.

"Saya rasa hari ini akan ada preskon dari kesekjenan, komite pemilihan, dan komite banding untuk pendaftaran dimulai kapan. Mereka akan rapat juga malam ini," dia menambahkan.

"Kalau kongres 2 November, kita tarik satu bulan, berarti 2 Oktober sudah selesai tahapan notifikasi dan verifikasi," dia menegaskan.



Simak Video "Massa Geruduk Lokasi Kongres PSSI"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com