sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 15 Okt 2019 19:20 WIB

Indonesia Tertinggal 0-1 dari Vietnam di Babak Pertama

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Indonesia tertinggal 0-1 dari Vietnam di babak pertama. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Gianyar - Indonesia lebih banyak menerima tekanan dari tim tamu Vietnam di sepanjang babak pertama. Alhasil, Indonesia sementara tertinggal 0-1 dari Vietnam.

Indonesia menjamu Vietnam untuk melakoni lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pertandingan itu digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (15/10/2019).

Jalannya Pertandingan

Indonesia menerima tekanan Vietnam di lima menit awal pertandingan. Skuat Garuda kemudian membalas saat umpan silang Saddil Ramdani belum akurat sehingga hanya menghasilkan tendangan gawang.

Ancaman beruntun dari Vietnam di menit ke-19. Diawali dari tendangan bebas Nguyen Quang Hai, bola bisa diamankan tapi bergulir di jalur pemain Vietnam yang diteruskan dengan sepakan keras meski masih mentah ditangkis Muhammad Ridho.

Sementara itu serangan-serangan yang dibangun Indonesia belum efektif. Penyelesaian akhir Indonesia sulit menemui sasaran.

Di menit ke-27, Vietnam akhirnya membuka keunggulan atas Indonesia 1-0. Do Hung Dung menanduk bola sepak pojok ke tengah gawang, sebelum diselesaikan Do Duy Manh dengan sepakan dari jarak dekat.

Vietnam nyaris menambah gol semenit berselang. Yanto Basna kehilangan bola di lapangan tengah sehingga Vietnam bisa melakukan serangan. Beruntung penyelesaian akhir Vietnam hanya melambung.

Indonesia melewatkan kesempatan menciptakan peluang di ment ke-37. Sebuah umpan silang matang dari sisi kanan menemui Stefano Lilipaly di kotak penalti. Membelakangi gawang, Lilipaly melakukan tendangan akrobatik yang gagal.

Empat menit kemudian, Indonesia menciptakan peluang terbaiknya. Sepak pojok Evan Dimas meluncur ke arah tiang jauh yang disambut Yanto Basna dengan sundulan. Dang van Lam masih bisa menangkap bola.

Serangan balik cepat Vietnam membahayakan gawang Indonesia. Menerima umpan terobosan, Nguyen Tien Lienh melepaskan sepakan kaki kiri yang melebar tipis dari gawang Muhammad Ridho.

Percobaan yang bagus dari Juni Antara menjelang turun minum. Juni Antara meneruskan bola sepak pojok dengan tendangan keras yang mengarah ke sudut atas gawang Vietnam. Babak pertama berakhir skor 1-0 tetap bertahan.


Susunan Pemain

INDONESIA: Muhammad Ridho, Otavio Dutra, Rudolof Yanto Basna, Abduh Lestaluhu, Putu Gede Juniantara, Evan Dimas Darmono, Bayu Pradana, Stefano Lilipa;y, Riko Simanjutak, Saddil Ramdani, Alberto Goncalves

VIETNAM: Dang van Lam, Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, B T Dung, Doan Van Hau, Nguyen Trong Hoang, Do Hung Dung, Nguyen Van Toan, Pham Duc Huy, Nguyen Tien Linh, Nguyen Quang Hai

Simak Video "Dihajar UEA 5-0, Indonesia Jadi Juru Kunci Klasemen Tanpa Raih Poin"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com