sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 20 Okt 2019 18:12 WIB

Laga Persahabatan: Timnas Indonesia U-19 Ditaklukkan China 1-3

Adhi Prasetya - detikSport
Timnas Indonesia U-19 takluk dari China U-19 dengan skor 1-3. (Rifkianto Nugroho/detikSport) Timnas Indonesia U-19 takluk dari China U-19 dengan skor 1-3. (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Gianyar -

Timnas Indonesia U-19 kalah pada pertemuan kedua melawan Timnas China U-19. Tampil dengan formasi berbeda dari laga pertama, Garuda Muda takluk dengan skor 1-3.

Bertanding di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Minggu (20/10/2019), Indonesia tampil cukup dominan dalam penguasaan bola dan jumlah peluang, namun negeri Tirai Bambu lebih efektif dalam penyelesaian akhir. Mereka mampu mencetak gol lewat Tao Qianglong (dua gol) dan Aisikaer Aifeierding. Sementara itu, skuat asuhan Fakhri Husaini hanya mampu membalas lewat gol Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri.

Usai laga ini, Fakhri akan mengerucutkan skuat yang dimilikinya saat ini menjadi 23 pemain sebelum melakukan latihan fase akhir sebelum memulai Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 pada November mendatang.

Jalannya pertandingan

Dalam laga ini, Fakhri melakukan sejumlah perombakan dalam susunan starter. Ketiga pencetak gol di laga pertama, yakni Bagus Kahfi, Fajar Fathur Rahman, dan Alfreandra Dewangga, duduk di bangku cadangan.

Tampil menekan sejak kick-off, China langsung unggul cepat pada menit ke-6. Mendapat umpan tarik dari Liu Junxian di sisi kanan, Tao Qianglong melepaskan tembakan kaki kanan dari jarak jauh yang tak mampu dihalau kiper Indonesia, Rizky Sudirman.

Tertinggal satu gol, Garuda Muda coba membalas di menit ke-10. Pelanggaran terhadap Mohammad Supriadi oleh pemain China menghasilkan tendangan bebas di depan kotak penalti. Tapi sepakan Rendy Juliansyah masih mampu ditangkap kiper China, Huang Zihao.

Pada menit ke-27, Indonesia kembali mengancam lewat Braif Hatari, namun tendangan jarak jauhnya masih melebar di samping gawang China. Empat menit berselang, giliran Serdy Hepyfano yang memiliki peluang, namun sundulannya juga mudah ditangkap Huang.

Cina bukannya diam tanpa perlawanan. Pada menit ke-32, sebuah serangan balik yang dibangun Tao Qianglong nyaris membuahkan gol kedua bagi China. Ia memberikan bola kepada He Zenyu yang berdiri bebas, namun sepakan Zenyu masih melambung di atas gawang Indonesia.

Delapan menit berselang, Zenyu kembali mendapatkan kans di depan gawang Indonesia, tapi sundulannya kembali jauh dari sasaran. Indonesia coba menekan di sisa waktu, namun skor 0-1 untuk China bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Fakhri melakukan perubahan dengan memasukkan Beckham Putra dan David Maulana untuk menyegarkan lini serang.

Pada menit ke-56, Imam Zakiri mendapatkan peluang setelah berdiri bebas di kotak penalti, namun penyelesaian akhirnya masih melambung. Empat menint berselang, giliran sepakan jarak jauh Beckham yang melebar.

Beckham kembali mendapat kesempatan lewat tendangan bebas di menit ke-68, namun tendangannya sukses dimentahkan Huang.

Pada menit ke-73, kerjasama satu-dua Beckham dan Bagus Kahfi nyaris menghasilkan gol untuk Indonesia, tapi sepakan Bagus Kahfi masih melebar.

Dua menit berselang, gol yang dinanti Indonesia akhirnya datang. Lewat akselerasi Serdy di sisi kiri, Bagus Kahfi yang menerima umpan tak lagi menyia-nyiakan peluang. Sontekannya kali ini berhasil menjebol gawang Huang. Skor menjadi 1-1.

Namun skor imbang tersebut tak bertahan lama. China yang pada setengah jam awal babak kedua nyaris tak memiliki peluang justru berhasil unggul pada menit ke-79. Kali ini Aisikaer Aifeierding yang mencatatkan namanya di papan skor usai mendapat umpan sepak pojok dari Qianglong.

Unggul satu gol tak membuat China bersantai-santai. Mereka nyaris memperbesar keuggulan pada menit ke-82 lewat serangan balik Abdulamu Abudurousuli. Namun sepakannya masih menyamping meski Rizky sudah keluar dari gawangnya.

Indonesia berusaha mencari gol kedua, namun justru mereka harus kebobolan untuk ketiga kalinya pada masa injury time. Qianglong yang menusuk dari sisi kanan berhasil mengelabui Komang Teguh sebelum akhirnya melepaskan tembakan mendatar yang menjebol gawang Rizky untuk ketiga kalinya.

Hingga peluit panjang ditiup, skor 3-1 untuk China tetap tak berubah.

Susunan pemain:

Indonesia U-19 : Rizky Sudirman; Bayu Fikri, Komang Teguh, Fadillah Nur Rahman, Yudha Febrian; Rendy Juliansyah, Braif Fatari, Andre Oktaviansyah; Imam Zakiri, Saddam Emiruddin, Mohammad Supriadi.

Pemain cadangan yang masuk: Serdy Hepyfano, David Maulana, Beckham Putra, Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri, Fajar Fathur Rahman, Brylian Dwiki Aldama.

China U-19 : Zihao Huang; Yue Zhu, Abulimiti Subi, Aisikaer Aifeierding; Mohemaiti Naibijiang, Zheng Xuejian, Tao Qianglong, Liu Junxian, Shi Yucheng; Tayier Xiaokaitijiang, He Zenyu.

Pemain cadangan yang masuk: Abdulamu Abudurousuli, Peng Hao, Zhang Yu.





Simak Video "Indonesia U-19 Kalah dari Arab Saudi "
[Gambas:Video 20detik]
(adp/adp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com