sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 03 Nov 2019 08:22 WIB

Presiden Jokowi Bahas Piala Dunia U-20 2021 dengan Presiden FIFA

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Presiden Joko Widodo bertemun dengan Presiden FIFA Gianni Infantino. (Foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden) Presiden Joko Widodo bertemun dengan Presiden FIFA Gianni Infantino. (Foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)
Jakarta - Presiden Joko Widodo bertemu Presiden FIFA Gianni Infantino di Bangkok, Thailand. Keduanya membahas penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Pertemuan tersebut digelar Sabtu (2/11/2019) kemarin di The Boardroom Hotel Grand Hyatt Erawan, Bangkok, sebelum sidang pleno Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-35 ASEAN di Impact Exhibition & Convention Center di Bangkok, Thailand. Jokowi menjelaskan bahwa sepakbola merupakan olahraga paling populer di Indonesia.

Dengan salah satu basis suporter terbesar di dunia, Indonesia punya total 1679 klub di seluruh penjuru negeri. Ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 menjamin terselenggaranya turnamen dengan meriah.


Presiden Jokowi pun berterima kasih atas kepercayaan FIFA kepada Indonesia, sekaligus memastikan upaya terbaik akan dikerahkan untuk menggelar Piala Dunia U-20 dengan sebaik-baiknya dan lancar.

"Sepakbola adalah sarana memperkuat rasa kesatuan dan kebangsaan rakyat Indonesia. Prestasi dalam sepak bola Indonesia selalu menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia," kata Jokowi dalam pertemuan itu.

"Saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan menjadi penyelenggara Piala Dunia U-20 pada tahun 2021. Kami akan bekerja keras menjamin Piala Dunia U-20 di Indonesia berlangsung sukses dan lancar. Kami telah memiliki pengalaman dalam menyelenggarakan Asian Games dan juga Asian Para Games 2018," ujar Presiden.


Infantino antusias dan optimistis, Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik.

"Tentunya kami yakin Indonesia sebagai negara besar dengan 267 juga penduduk, dapat menjadi tuan rumah yang baik. Apalagi didukung oleh 200 juta fans sepakbola ini penting bagi kami," tutur Gianni.

Untuk kejuaraan ini, Indonesia akan mempersiapkan 10 stadion yang tersebar di pulau Sumatera, Jawa, dan Bali. Kedatangan tim FIFA pun dinantikan untuk memberikan masukan terkait standard stadion.


"Kami gembira jika ada masukan, termasuk standar kelayakan stadion dan lainnya. Pendampingan juga telah dilakukan oleh Dewan Olimpiade Asia (Olympic Council of Asia), saat Asian Games 2018," tutur Kepala Negara.

Infantino berjanji segera berkunjung ke Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengucapkan selamat kepada Presiden Jokowi atas digelarnya KLB PSSI dan terpilihnya ketua umum PSSI yang baru.

"Selamat semoga ketua umum yang baru dapat membawa PSSI menjadi lebih baik dan berprestasi," ucap Gianni.

Simak Video "Stafsus Milenial Jokowi, PKS Berharap Bukan Hanya Gimik "
[Gambas:Video 20detik]
(raw/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com