sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 07 Nov 2019 11:19 WIB

Kenapa Timnas Timor Leste U-19 Pakai Pelatih Wanita?

Randy Prasatya - detikSport
Cerita di balik pelatih wanita yang tangani Timor Leste U-19, Lee Min Young. (Foto: Randy Prasatya/detikcom) Cerita di balik pelatih wanita yang tangani Timor Leste U-19, Lee Min Young. (Foto: Randy Prasatya/detikcom)
Jakarta - Timnas Timor Leste U-19 dilatih oleh seorang wanita asal Korea Selatan, Lee Min Young. Dia mulanya pelatih timnas putri Bumi Lorosae.

Lee tak banyak memberi instruksi di sisi lapangan saat Timor Leste kalah 1-3 dari Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-19 2020, Rabu (6/11/2019) malam WIB. Peran untuk memberi instruksi lebih banyak diambil oleh, Eduardo Pereira.

Sesungguhnya pelatih kepala Timor Leste di ajang ini adalah Lee. Wanita asal Korea Selatan ini diproyeksi untuk melapisi Eduardo yang cuma punya lisensi C AFC. Lee justru punya lisensi A AFC.

"Saya senang bisa bergabung dengan Timnas U-19, walaupun bukan pelatih, (cuma dipinjam nama sebagai pelatih kepala) tapi tidak masalah," kata Lee kepada detikSport.




"Ini bukti saya berkompeten, meski saya sebenarnya pelatih tim wanita Timor Leste. Tapi, saya bersama Edu juga mengombinasikan soal taktik permainan," sambungnya.

Hal ini juga diakui oleh manajer Timnas Timor Leste, Gelasio Da Silva Carvalho, bahwa Lee adalah cara untuk menyiasati lisensi Eduardo.

"Eduardo sudah paham dengan pemain-pemain. Lee kami plot untuk menutupi kekurangan Eduardo karena lisensi," kata Gelasio.

"Lee ini dulu juga pernah melatih tim anak-anak di Korea Selatan. Dia sejauh ini betah di Timor Leste. Dia datang juga karena Timor Leste ada kerja sama dengan federasi Korea Selatan," tegasnya.





Simak Video "Kocak! Momen Bakayoko Lupa Nomor Punggung Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com