sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 19 Nov 2019 18:14 WIB

Siap Jadi Tumpuan Lini Depan Skuat Garuda, Irfan Bachdim?

Randy Prasatya - detikSport
Irfan Bachdim menjadi andalan Indonesia di kandang Malaysia. (Foto: Hafidz Mubarak A/Antara) Irfan Bachdim menjadi andalan Indonesia di kandang Malaysia. (Foto: Hafidz Mubarak A/Antara)
FOKUS BERITA Malaysia Vs Indonesia
Jakarta - Irfan Bachdim bisa menjadi andalan Indonesia kala melawan Malaysia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Dia salah satu pemain depan Indonesia yang kenyang pengalaman.

Malaysia vs Indonesia berlangsung di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (19/11/2019) malam WIB. Skuat Garuda dituntut untuk menang setelah menelan empat kekalahan dan kini di dasar klasemen Grup G dengan nol poin.

Tak ada Alberto Goncalves dalam skuat Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 kali ini. Striker dari Madura United itu mengalami cedera. Jika dalam kondisi fit, Beto juga tak akan gabung karena berpotensi masuk skuat SEA Games 2019.

Kini ada empat nama di lini serang yang bisa diandalkan menjadi pencetak gol Indonesia. Selain Irfan, ada juga Greg Nwokolo, Osas Saha Marvellous, dan Lerby Eliandry.



Irfan menjadi pemain yang paling realistis untuk diandalkan Yeyen Tumena selaku pelatih sementara, yang menggantikan posisi Simon McMenemy. Pemain Bali United itu menjadi pencetak gol kala Indonesia kalah dari Vietnam 1-3 di laga terakhir.

Pemain 31 tahun itu cukup banyak pengalaman melawan Malaysia, yang merupakan laga penuh gengsi. Meski tak main di pertemuan pertama saat Indonesia kalah 2-3 di Jakarta, Irfan sudah mencatatkan enam laga melawan Malaysia.

Tiga penampilan awal Irfan melawan Malaysia terjadi di Piala AFF 2010. Dia mencetak satu gol ke gawang Malaysia di fase grup saat Indonesia menang 5-1.

Dua pertandingan Irfan melawan Malaysia di ajang tersebut terjadi pada laga final. Irfan menjadi pengganti saat Indonesia kalah 0-3 di Bukit Jalil, dan menjadi starter saat Indonesia menang 2-1 di Jakarta. Tapi tak ada gol yang diciptakan di laga final.



Irfan kembali melawan Malaysia di Piala AFF 2012. Dia main penuh, namun Indonesia kalah 2-0. Dua tahun berselang, Irfan kembali dapat kesempatan bertanding melawan Malaysia di laga uji coba. Dia menjadi starter, namun tak mencetak gol saat Indonesia menang 2-0.

Irfan baru bisa kembali merobek gawang Malaysia pada laga uji coba 2016. Tampil menjadi starter, Irfan membantu Indonesia menang 3-0 dengan sumbangan satu gol dan satu assist.

Selain Irfan, Indonesia bisa mengharapkan Lerby sebagai ujung tombak. Striker Borneo FC ini bisa dimanfaatkan untuk main bola-bola atas. Pada uji coba terakhir Indonesia melawan PKNS, Lerby menyumbang dua gol.

Untuk laga melawan Malaysia, Lerby masih minim pengalaman. Dia baru merasakan satu kali bertemu Harimau Malaya saat uji coba pada 6 september 2016 di Stadion Manahan. Lerby masuk babak kedua menggantikan Boaz Solossa.

Greg dan Osas tetap bisa berpeluang menjadi andalan di lini depan Indonesia. Namun, keduanya belum punya pengalaman melawan Malaysia.

Malaysia vs Indonesia disiarkan langsung oleh Mola TV dan TVRI. Aksi-aksi di laga itu juga bisa disiarkan melalui link ini.






Simak Video "Tiba di SUGBK, Bus Timnas Malaysia Dikawal Barracuda"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/cas)
FOKUS BERITA Malaysia Vs Indonesia
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com