sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 28 Nov 2019 20:32 WIB

Rayakan Ulang Tahun, Persija Kalahkan Persipura 1-0

Femi Diah - detikSport
Pemain Persija Jakarta, Riko Simanjuntak, berebut bola dengan pemain Perispura Jayapura dalam lanjutan Liga 1 2019. di SUGBK, Kamis (28/11/2019). (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta - Persija Jakarta mendapatkan kado di hari ulang tahun dengan kemenangan atas Persipura Jayapura. Macan Kemayoran menutup laga dengan skor 1-0.

Dalam pertandingan lanjutan Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (28/11/2019), Persija tak mampu membuat gol di babak pertama. Gol baru dapat diciptakan di babak kedua melalui Joan Tomas.

Tambahan tiga poin itu menjadi kado spesial bagi Persija yang berulang tahun ke-91 tepat hari ini. Kemenangan itu sekaligus membuat tim besutan Edson Tavares tersebut mengisi peringkat ke-13 dengan 35 poin.

Sementara itu, Persipura yang tak meraih poin memetik kekalahan kedelapan. Tim besutan Jacksen F Tiago itu mengoleksi 44 poin.

Jalannya pertandingan

Persija malah keteteran menghadapi tim tamu, Persipura, di menit-menit awal. Baru memasuki menit ketiga, gawang Andritany Ardhiyasa terancam oleh tendangan bebas Ian Louis Kabes. Beruntung bagi Persija, tembakan Kabes terlalu lemah dan Andritany sigap menepisnya.

Macan Kemayoran baru dapat menciptakan peluang di menit ke-13. Memanfaatkan umpan Tony Sutjipto, Riko Simanjuntak menanduk bola ke arah gawang Persipura. Tapi, bola melebar.

Lima menit kemudian giliran Marko Simic yang mendapatkan peluang. Tapi, sepakan dari sisi kiri gawang Persipura membentur tiang gawang.

Upaya di menit ke-23 kembali gagal. Tembakannya bisa diantisipasi oleh kiper Mutiara Hitam, Dede Sulaiman.

Tak berhenti, Simic kembali mencoba untuk memecahkan kebuntuan Persija dengan membuat peluang di menit ke-29. Kali ini, tandukannya membentur mistar gawang.


Riko juga kembali mencoba membuat gol mendekati akhir babak pertama. Tapi, gagal. Usaha untuk mencetak skor juga dibuat oleh Ryuji Utomo, tapi sama saja, tak berhasil.

Di Hari Ulang Tahun, Persija Kalahkan Persipura 1-0Foto: Rifkianto Nugroho/detikSport

Tak ada tambahan gol hingga turun minum. Pertandingan di babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Memasuki babak kedua, tuan rumah kembali kalah start. Sundulan Andre Ribeiro memanfaatkan sepak pojok Boaz mengancam gawang Andritany. tapi tembakan masih terlalu tinggi.

Di menit berikutnya, giliran Boaz yang mengancam gawang Andritany. Tembakan Boaz melebar.

Tensi pertandingan kian meningkat. Giliran Persija yang bertubi-tubi mencoba membobol gawang Persipura. Simic, Riko, dan Sandi Sute gagal.

Akhirnya... Persija bisa mencetak gol dan unggul 1-0. Gol dibuat oleh Joan Tomas, yang tampil dari bangku cadangan, di menit ke-75. Joan mendapatkan umpan dari Simic.

Persija membuka peluang untuk menggandakan gol di menit ke-81. Simic sekali lagi mencoba membobol gawang Dede, namun bola mengenai badan Dede dan mental jauh ke luar area gawang.

Tak ada tambahan gol hingga laga berakhir. Persija menang tipis 1-0 atas Persipura.

Susunan pemain:

Persija: Andritany Ardhiyasa, Novri Setiawan, Alexandre Xandao, Fachruddin Aryanto, Tony Sucipto, Ryuji Utomo, Sandi Sute, Rohit Chand, Heri Susanto, Marko Simic, Riko Simanjuntak

Persipura: Dede Sulaiman, Yohanis Tjoe, Andre Ribeiro, Valentino Telaubun, Yustinus Pae, Muhammad Tahir, Imanuel Wanggai, Ibrahim Conteh, Ian Louis Kabes, Titus Bonai, Boaz Solossa



Simak Video "Bermain Tanpa Penonton, Persija Vs Bhayangkara Imbang 2-2"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com