sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 08 Des 2019 08:19 WIB

9 Data dan Fakta Kemenangan Indonesia atas Myanmar di SEA Games 2019

Bayu Baskoro - detikSport
Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Myanmar 4-2 dan melaju ke partai final SEA Games 2019 (Foto: Grandyos Zafna)
Manila - Timnas Indonesia U-22 menang 4-2 atas Myanmar dan melanggeng ke final SEA Games 2019 di Filipina. Berikut data dan fakta pertandingannya.

Indonesia vs Myanmar berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila, Sabtu (7/12/2019). Kedua tim bermain imbang 0-0 sepanjang babak pertama.

Selepas turun minum, Garuda Muda unggul dua gol lewat lesakan Evan Dimas Dan Egy Maulana Vikri. Myanmar membalas lewat Aung Kaung Man dan Win Naing Tun, serta memaksa babak kedua berakhir imbang 2-2 sehingga laga berlanjut ke babak tambahan.



Skuat asuhan Indra Sjafri itu bisa mencetak gol lagi lewat Osvaldo Haay dan gol kedua Evan Dimas. Skor 4-2 untuk kemenangan Indonesia bertahan hingga laga tuntas.

Dengan kemenangan ini, Indonesia menyegel satu tempat di partai final SEA Games yang akan berlangsung Selasa (10/12). Pada laga perebutan medali emas tersebut, Garuda Muda ditantang Vietnam yang sebelumnya menang 4-0 atas Kamboja.



Berikut data dan fakta kemenangan Timnas Indonesia U-22 atas Myanmar:

- Indonesia unggul penguasaan bola 53 persen, berbanding 47 persen yang dilakukan Myanmar.

- Total Total Garuda Muda melepaskan 22 tembakan ke gawang, dengan 12 di antaranya mengarah tepat ke gawang Myanmar.

- Hingga babak semifinal SEA Games 2019, total sudah sembilan pemain Indonesia yang mencetak gol. Osvaldo Haay telah mencetak 8 gol, disusul Egy Maulana Vikri (4), Evan Dimas (2), Saadil Ramdani (2), Andy Setyo (1), Asnawi Mangkualam (1), Bagas Adi (1), Sani Rizki (1), dan Witan Sulaiman (1).

- Osvaldo Haay dan pemain Vietnam, Ha Duc Chinh, menjadi pencetak gol terbanyak saat ini dengan delapan gol.

- Osvaldo Haay menyamai pencapaian Kurniawan Dwi Yulianto dengan delapan gol. Ia bisa melewati catatan mantan striker timnas tersebut andai mencetak gol di laga final.

- Evan Dimas tercatat selalu mencetak gol di ajang SEA Games sejak pertama kali berlaga pada 2015. Total ia sudah mencetak tujuh gol dari tiga turnamen yang diselenggarakan.

- Dua golnya ke gawang Myanmar membuat Evan Dimas kini sudah tiga kali membobol gawang tim berjuluk Asia Tiger itu selama keikutsertaannya di SEA Games. Sebelumnya ia mencetak satu gol saat Indonesia menang 3-1 tahun 2017.

- Ini menjadi partai final ketujuh buat Indonesia di ajang SEA Games sejak 1979. Skuat Merah Putih hanya mampu meraih kemenangan dua kali pada 1987 dan 1991.

- Indonesia akan kembali berlaga di final yang berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila, sejak terakhir kali tahun 1991 dan meraih emas di sana.



Simak Video "Hadapi Final, Timnas U-22 Hari Ini Fokus Pemulihan"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com