Abaikan Gelar Top Scorer SEA Games, Osvaldo: Yang Penting Emas

Yanu Arifin - Sepakbola
Selasa, 10 Des 2019 13:55 WIB
Osvaldo Haay memimpin daftar pencetak gol terbanyak SEA Games 2019. (Foto: Grandyos Zafna/detikSport)
Manila - Osvaldo Haay menjadi pencetak gol terbanyak di SEA Games 2019. Penyerang Timnas Indonesia U-22 itu mengaku tak mau memikirkannya dan lebih fokus membidik emas.

Osvaldo menjadi andalan Indonesia sepanjang tampil di cabang sepakbola SEA Games 2019. Pemain 22 tahun itu sudah mencetak 8 gol, menjadi yang terbanyak sejauh ini.

Torehan itu membuat Osvaldo juga menyamai jumlah gol Kurniawan Dwi Yulianto. Eks penyerang Timnas Indonesia itu, yang kini menjadi asisten pelatih Indonesia U-22 juga punya catatan 8 gol. Bedanya, Kurniawan mencetaknya dalam dua edisi SEA Games, 1995 dan 1997.


Osvaldo tak mau terlarut dengan torehan golnya. Ia lebih bertekad memenangkan medali emas di final dengan mengalahkan Vietnam.
"Saya tidak berpikir tentang pencetak gol terbanyak di SEA Games. Yang sangat penting adalah menang," kata Osvaldo, seperti dilansir VN Express.

Catatan gol Osvaldo sama dengan striker Timnas Vietnam U-22, Ha Duc Chinh. Osvaldo dan Ha Duc Chinh akan saling bentrok di final SEA Games 2019, yang digelar di Stadion Rizal Memorial, Selasa (10/12/2019).

Indonesia dan Vietnam sama-sama bertekad memenangkan medali emas sepakbola putra SEA Games 2019. Garuda Muda terakhir kali juara pada 1991, sementara lawannya belum pernah memenanginya--dengan selalu gagal di lima final yang diikuti.


Simak Video "Kisah Haru Taufik, Peraih Emas SEA Games yang Pulang Naik Angkot"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/cas)