sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 13 Des 2019 12:06 WIB

Persija dan Dua Tim yang Bisa Terdegradasi ke Liga 2

Yanu Arifin - detikSport
Ancaman degradasi ke Liga 2 memburu dua klub lagi, dengan kandidatnya adalah Perseru Badak Lampung, Semen Padang, dan Persija Jakarta. (Foto: Agung Pambudhhy/detikcom)
Jakarta - Siapa yang terdegradasi ke Liga 2 bakal ditentukan. Perseru Badak Lampung dan Semen Padang adalah kandidatnya, Persija Jakarta pun turut terancam.

Hingga pekan ke-32, Liga 1 2019 baru memastikan Kalteng Putra yang turun kasta. Hasil seri melawan Persipura Jayapura (12/12) membuat Laskar Isen Mulang baru mengoleksi 31 poin dari 32 laga, takkan bisa mengejar Persija Jakarta di posisi 15, ang mengoleksi 38 poin dari 31 laga.

Masih ada dua tiket degradasi lagi yang tersisa. Badak Lampung dan Semen Padang berpeluang turun kasta, sementara Persija berstatus 'terancam' terdegradasi.

Persija akan menghadapi Madura United di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (13/12/2019). Marko Simic dkk butuh tiga poin untuk mengunci tiket bertahan ke Liga 1 2020.
Saat ini Persija berada di posisi 15 klasemen Liga 1 2019 dengan 38 poin dari 31 laga. Andai menang, raihan juara bertahan Liga 1 itu akan menjadi 41 poin dari 32 laga. Jumlah poin itu takkan bisa terkejar lagi oleh Badak Lampung, yang masih berada di peringkat 16 dengan 33 poin usai kalah 2-3 dari Bhayangkara FC.

Namun andai Persija kalah dari Madura United, Badak Lampung masih punya peluang bertahan di Liga 1 musim depan. Andai memenangi dua laga sisanya dan Persija kalah di dua laga selanjutnya, poin Badak Lampung menjadi 40 poin dan Persija tetap 38. Maka Persija yang masuk zona degradasi.

Selain Badak Lampung, Semen Padang juga hampir pasti kembali ke Liga 2 musim depan. Anak asuh Eduardo Almeida kini berada di posisi juru kunci dengan 31 poin dari 31 laga.
Kabau Sirah butuh keajaiban agar bisa tetap bertahan. Semen Padang harus memenangi tiga laga tersisanya, termasuk melawan PSIS Semarang sore nanti, dan berharap Badak Lampung serta Persija tak meraih poin di sisa musim. Dengan begitu, poin Semen Padang bakal menjadi 40 poin, naik ke posisi 15.

Namun, Semen Padang pertama-tama sudah ditunggu PSIS. Laskar Mahesa Jenar kini berada di peringkat 12 dengan 40 poin, butuh satu poin lagi untuk mengunci kepastian bertahan di Liga 1 musim depan. Anak asuh Bambang Nurdiansyah itu bahkan bertekad masuk ke 10 besar dengan memenangi laga-laga sisanya.

Belum lagi tim-tim seperti Barito Putera dan Persela Lamongan, yang cuma butuh satu poin lagi untuk bertahan di Liga 1. Maka dari itu, hanya Persija, Badak Lampung, dan Semen Padang yang sejauh ini paling berpeluang turun kasta musim depan.


Simak Video "Stadion Gelora BJ Habibie Siap Jadi Kandang PSM Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com