sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 28 Des 2019 18:25 WIB

Shin Tae-Yong Tak Ambil Pusing Soal Peringkat FIFA Indonesia

Bayu Baskoro - detikSport
Shin Tae-yong dulu melatih Korea Selatan, kini menjadi pelatih Timnas Indonesia (Foto: Pradita Utama)
Cibinong - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tak mempermasalahkan posisi Indonesia di peringkat FIFA. Ia akan berusaha membawa skuat Garuda maju secara bertahap.

Shin resmi diperkenalkan sebagai pelatih anyar Timnas Indonesia di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (28/12/2019). Ia menandatangani kontrak bersama PSSI dengan masa bakti berdurasi empat tahun.

Sepanjang kariernya, Indonesia menjadi tim nasional kedua yang pernah ditangani pelatih 49 tahun itu. Sebelumnya, Shin merupakan juru taktik timnas Korea Selatan dan membawa Taeguk Warriors lolos ke Piala Dunia 2018.

Saat turnamen yang berlangsung di Rusia itu, Shin memang gagal membawa anak asuhnya itu lolos dari fase grup. Namun, Korea Selatan mampu menaklukkan juara bertahan Jerman dengan skor 2-0.


Jika dulu ia menjadi juru taktik timnas berkaliber Piala Dunia, kini Shin dihadapkan tantangan menangani timnas Indonesia yang kualitasnya jauh di bawah Korea Selatan. Jangankan dengan tim Negeri Gingseng itu, di level Asia Tenggara saja skuat Merah Putih masih kesulitan meraih prestasi.

Mengutip situs FIFA, Indonesia saat ini berada di peringkat ke-173 dunia. Timnas tertinggal dari negara Asia Tenggara lainnya semisal Vietnam (94), Thailand (113), Filipina (124), Myanmar (136), Malaysia (154), dan Singapura (157).

"Peringkat tim Indonesia rendah, tetapi saya pikir itu bukan masalah besar. Saya akan mengambil langkah pertama dan maju selangkah demi selangkah," kata Shin dikutip dari Yonhap News Agency.



Simak Video "Timnas Indonesia Gelar Latihan Perdana Dengan Pelatih Shin Tae-Yong"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com