sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 31 Des 2019 12:29 WIB

Shin Tae-yong Tak Cuma Bertugas Jadi Pelatih Kepala Timnas Indonesia

Randy Prasatya - detikSport
Shin Tae-yong tak cuma menjaadi pelatih, dia menjabat sebagai manajer pelatih Timnas Indonesia. (Pradita Utama/detikSport)
Jakarta - Shin Tae-yong akan bertugas lebih dari sekadar pelatih kepala Timnas Indonesia. Dia didapuk sebagai manajer pelatih Skuad Garuda.

Tae-yong resmi bertugas sebagai pelatih Timnas Indonesia sejak diperkenalkan kepada media pada 28 Desember 2019. Mulanya, beredar kabar bahwa dia bakal merangkap semua tim mulai kelompok umur sampai senior.

Tapi, Tae-yong ternyata tak bekerja sepenuhnya secara sendirian. Dia bakal dibantu oleh pelatih-pelatih lainnya untuk menangani Timnas kelompok umur.


Dalam tugasnya ini, Tae-yong diberi jabatan sebagai manajer pelatih Timnas. Nantinya, setiap pelatih-pelatih di kelompok umur memberi laporannya secara intensif kepadanya.

"Nantinya, di bawah manager coach ada head coach dan lain-lain. Coach Shin berhak menentukan siapa-siapa, misal Kim Hae-woon sebagai head coach di Timnas mana. Tapi, coach Shin tanggung jawab penuh bisa dibilang pelatih di Timnas Indonesia Senior dan U-20," kata Ratu Tisha kepada pewarta, Selasa (31/12/2019).

"Nanti tanggal 6 Januari (2020) soal struktur kepelatihan akan diumumkan secara resmi oleh PSSI," dia menambahkan.

Tanggung jawab Tae-yong di Timnas Indonesia terbilang sangat besar. Dia akan mengurusi masalah teknis dan non-teknis.

"Shin punya ide besarnya. Dia memikirkan taktikal di lapangan dan menjabarkannya ke tiap pelatih-pelatih agar mereka menerapkan dan mengaplikasikannya. Kemudian, Shin meminta tiap-tiap pelatih di kelompok umur memberikan laporan. Tak hanya report di lapangan tapi di luar lapangan juga," Tisha menjelaskan.



Simak Video "Timnas Indonesia Gelar Latihan Perdana Dengan Pelatih Shin Tae-Yong"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com