sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 07 Mar 2020 08:25 WIB

Persiba Balikpapan Vs Kalteng Putra Jadi Laga Pembuka Liga 2 2020

Mercy Raya - detikSport
PT Liga Indonesia Baru umumkan start Liga 2 2020 Persiba Balikpapan vs Kalteng Putra buka Liga 2 2020. (Foto: Mercy Raya/detikSport)
Jakarta -

PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan Persiba Balikpapan vs Kalteng Putra menjadi laga pembuka Liga 2 2020. Laga akan bergulir 14 Maret di Stadion Batakan.

Hal itu disampaikan Direktur Utama PT LIB Cucu Somantri usai melakukan pertemuan dengan para klub dalam manajer meeting di kawasan Thamrin, Jakarta, Jumat (6/3/2020). Alasan penunjukan Balikpapan, Kalimantan Timur sebagai lokasi laga pertama ini adalah untuk mengimbangi pembukaan Shopee Liga 1 2020 yang digelar di Jawa.

"Laga pembukaan yang insya Allah akan dilaksanakan di Balikpapan tanggal 14 Maret antara Kalteng Putra dengan Balikpapan," kata Cucu.

"Kemarin Liga 1 dilakukan di Jawa. Nah, sekarang ini Liga 2 dilakukan di luar Jawa dan kebetulan ada beberapa klub yang meminta. Tapi kami putuskan untuk di Kalimantan karena kami lihat di sana sebagai wilayah calon ibu kota," ujar dia.

Cucu juga sekaligus menegaskan ada perubahan dalam kompetisi yang bergulir di Liga 2 musim ini. Kompetisi masih dibagi menjadi wilayah barat dan timur, namun kali ini juara masing-masing wilayah langsung promosi.

Sementara jatah promosi ketiga akan diperebutkan antara posisi dua masing-masing wilayah. Kini Liga 2 tinggal menjemput surat rekomendasi Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI).

"Sekarang kami tentukan grup Barat dan Timur peringkat satu dan dua. Kemudian pemenang Barat dan Timur langsung promosi Liga satu. Nah, untuk pemenang kedua di Barat dan Timur akan kami kompetisikan kembali menentukan peringkat tiganya. Itu yang membedakan kompetisi ini," ujarnya.

"Saya sudah menghubungi Richard Sam Bera (Ketua umum BOPI). Kami tinggal ambil surat rekomendasi saja dari mereka," tegas ia.



Simak Video "Moment Patrich Wanggai Diberi Kartu Merah "
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com