sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 16 Mar 2020 17:36 WIB

Kasus PSPS Bikin PSSI Coreng Muka Sendiri

Randy Prasatya - detikSport
Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman, secara resmi melantik kepengurusan PSSI yang diketuai oleh Mochamad Iriawan yang berlangsung dikantor KONI, Jakarta, Senin (24/2/2020). Kepengurusan PSSI yang baru dilantik ini berlangsung hingga tahun 2023. PSSI membiarkan PSPS Pekanbaru bisa bermain di Liga 2 2020. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

PSPS Pekanbaru masih dibolehkan bermain di Liga 2 2020 meski dalam kondisi terhukum. PSSI bak mencoreng muka sendiri.

PSPS menjalani pekan pertama Liga 2 2020 dengan hasil apik. Tim berjulukan Askar Bertuah itu mengalahkan Semen Padang 3-0 di laga kandang, Minggu (15/3/2020).

Hasil manis itu terancam tak jadi didapat PSPS. Hal itu karena PSPS statusnya masih terhukum.

Hukuman dijatuhkan oleh National Dispute Resolution Chamber (NDRC), yakni untuk tidak dapat melakukan registrasi pemain selama 3 (tiga) periode pendaftaran pemain baru selama belum melunasi kewajibannya.

Kuasa Hukum Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) sekaligus perumus NDRC, Riza Hufaida, kesal betul dengan hal ini. Dia saat ini sedang bersiap mengadukan kejadian ini kepada FIFA.

"Kami sedang dalam proses laporan ke FIFA. Ini sangat penting dan pelanggarannya sangat serius. Jadi, sebenarnya sudah bukan urusan kami (APPI), ini sudah tanggung jawab PSSI," kata Riza dalam sambungan telepon.

"PSPS itu sudah dihukum. Pelanggarannya banyak kalau tidak salah ada 22 pemain yang sudah mengajukan laporan dan dimenangkan, serta dalam putusannya itu jangka waktu 45 hari PSPS dari pemberitahuan belum juga membayar, maka dikenakan hukuman tambahan tidak boleh mendaftarkan pemain selama tiga periode kompetisi," sambungnya.

"Artinya, PSPS sampai saat ini belum bayar, dia (PSPS) tidak boleh mendaftarkan pemainnya. Pemain-pemain lama ini juga kontraknya satu tahun, satu tahun, berarti seharusnya dia tidak punya pemain."

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com