sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 26 Mar 2020 11:00 WIB

Gara-gara Corona, Piala AFF U-16 dan U-19 di Indonesia Ditunda

Randy Prasatya - detikSport
Timnas Indonesia U-19 meraih tiga poin pertamanya di Kualifikasi Piala Asia U-19 2020. Menghadapi Timor Leste U-19, anak asuh Fakhri Husaini itu menang 3-1. Piala AFF kelompok usia di Indonesia ditunda. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Federasi Sepakbola ASEAN (AFF) resmi mengumumkan bahwa gelaran Piala AFF U-16 2020 dan Piala AFF U-19 2020 di Indonesia ditunda. Pandemi virus Corona penyebabnya.

Indonesia menjadi negara yang sedang terpapar virus Corona. Pemerintah pusat sudah memutuskan tak boleh ada kegiatan yang mengundang keramaian. Sepakbola menjadi salah satu yang kena imbas.

Rencananya Piala AFF U-16 akan dilangsungkan pada Juli mendatang. Sebulan setelahnya berlanjut dengan Piala AFF U-19. Kegiatan itu kini resmi ditunda.

"Ini saat yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh dunia, termasuk komunitas sepakbola kami. Kami akan berusaha melewatinya bersama," kata Presiden AFF, Khiev Sameth, yang dikutip dari situs resmi ASEAN Football.

Presiden AFF juga membenarkan bahwa sepakbola yang bisa memancing kerumunan massa memiliki risiko besar membawa virus Corona.

"Kami membuat keputusan menunda dan bila perlu membatalkan turnamen untuk meminimalisasi kontak sosial dengan tujuan melindungi keselamatan dan kesehatan semua pihak," ujar Khiev Sameth.

Tidak hanya dua kompetisi itu saja yang mengalami penundaan. Piala AFF Putri dan Piala AFF U-18 Putri yang berlangsung di Vietnam dan Indonesia pun mengalami penundaan.

"Kami akan terus mengawasi dan tidak ragu melakukan perubahan jadwal bila diperlukan. AFF akan selalu memprioritaskan kesejahteraan keluarga dan komunitas kami," tutup Khiev Sameth.



Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com