sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 02 Apr 2020 18:05 WIB

Vakum Kompetisi: Beda 2015 dan 2020 bagi Gunawan Dwi Cahyo

Muhammad Robbani - detikSport
Gunawan Dwi Cahyo Kompetisi Disetop: Beda 2015 dan 2020 Bagi Gunawan Dwi Cahyo (Instagram @gunawandwicahyo13)
Jakarta -

Vakumnya Shopee Liga 1 2020 jadi pengalaman kedua buat mayoritas pemain-pemain lokal Indonesia. Salah satunya bek Bali United Gunawan Dwi Cahyo.

Pengalaman vakum kompetisi pertama dirasakan Gunawan pada Indonesia Super League 2015. Saat itu ia menjadi salah satu anggota Persija Jakarta.

Macan Kemayoran pun jadi salah satu klub yang dijagokan bakal menjadi jawara. Sayang kompetisi dihentikan saat baru berjalan tiga pekan.

Situasi ini mirip dengan penangguhan Shopee Liga 1 2020, yang juga berpotensi dihentikan, ketika kompetisi baru berjalan tiga pekan. Namun, Gunawan menyebut situasi 2015 dan 2020 berbeda.

"Kalau saat ini kan bencana (virus corona) dan bukan cuma terjadi di Indonesia. Seluruh dunia juga mengalami ini," kata Gunawan kepada wartawan.

"Kalau 2015 cuma Indonesia saja, cuma sepakbola kita. Jadi bedanya, kalau sekarang ini seluruh dunia merasakan," ujarnya menambahkan.



Kompetisi 2015 terhenti lantaran pemerintah mencabut izin penyelenggaraan sepakbola. Imbasnya FIFA menjatuhkan hukuman kepada PSSI sehingga Timnas Indonesia tak bisa bertanding di ajang internasional.

Meski begitu, publik sepakbola Indonesia masih bisa menikmati tontonan dari kompetisi luar negeri. Karena sepakbola hanya terhenti di dalam negeri saja.

Berbagai pemain pun tetap bisa bermain meski di level antar kampung alias tarkam. Setidaknya, sepakbola tak benar-benar hilang 100 persen.



Bagi Gunawan, ini sangat berbeda. Jangankan bermain sepakbola, keluar rumah saja sangat tidak dianjurkan di tengah pandemi virus corona.

"Kalau dulu meskipun kompetisi nggak jalan, tapi ada turnamen. Kalau sekarang nggak ada kompetisi, turnamen, dan mau nonton sepakbola pun nggak bisa," tutur eks pemain Persijap Jepara itu.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com