sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 08 Apr 2020 21:46 WIB

Tiga Pemain Diaspora dan Imigran Palestina di Shopee Liga 1 2020

Muhammad Robbani - detikSport
Mahmoud Eid Salah satu pemain Palestina di Shopee Liga 1 2020, Mahmoud Eid. (Foto: detikom/Deny Prastyo Utomo)
Jakarta -

Shopee Liga 1 2020 diramaikan Jonathan Cantillana, Mahmoud Eid, dan Yashir Islame yang berpaspor Palestina. Mereka adalah diaspora dan imigran dari Palestina.

Tak satupun dari ketiganya yang lahir dan dibesarkan di Palestina. Jonathan Cantillana dan Yashir Islame lahir di Chile, sedangkan Mahmoud Eid di Swedia.

Sebenarnya, memang sudah lazim dengan eksistensi orang Chile berpaspor Palestina. Komunitas orang-orang Chile dengan keturunan Palestina memang banyak yang menetap di negerinya Alexis Sanchez itu.

Kedatangan mereka ke negara di Amerika Selatan itu bahkan dipercaya sudah terjadi sejak abad ke-19. Dengan sejarah panjang itu, tak perlu heran kalau diaspora orang-orang Palestina di Chile sudah mengakar.

Mereka sudah masuk ke berbagai sendi-sendi kehidupan masyarakat Chile. Salah satunya di sepakbola.

Buktinya ada klub bernama Club Deportivo Palestino yang merupakan anggota Chilean Primera División atau kasta teratas kompetisi sepakbola di Chile. Bahkan logo klub yang didirikan pada 1920 itu mengusung warna yang sama dengan Bendera Palestina; hitam, putih, hijau, merah.

Sebelum ke PSIS Semarang, Jonathan Cantillana juga pernah menjadi bagian Deportivo Palestino pada 2014-2016. Sementara Yashir Islame memperkuat klub-klub Chile lainnya sampai akhirnya berlabuh ke Barito Putera.

Jangan ragukan dukungan Palestino terhadap kemerdekaan Bangsa Palestina. Meski jauh dipisahkan secara geografis, Arabes, kerap menunjukkan kepedulian mereka.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com