sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 14 Apr 2020 06:36 WIB

Ratu Tisha Mundur dari Sekjen PSSI, Ada Apa?

Yanu Arifin - detikSport
Sekjen PSSI Ratu Tisha Foto: Hasan Alhabshy/detikSport
Jakarta -

Ratu Tisha Destria mundur dari jabatan sekretaris jenderal PSSI. Ada apa gerangan?

Tisha mundur dari jabatannya sebagai Sekjen PSSI per Senin (14/4/2020). Perempuan kelahiran Jakarta itu mundur setelah setelah hampir tiga tahun memegang jabatan strategis itu.

Tisha mundur lewat pengumuman di media sosialnya. Dalam pernyataannya, jebolan FIFA Masters itu menguraikan beberapa capaian PSSI saat dirinya menjadi Sekjen.

"Bersama-sama kita telah memeriahkan kursus kepelatihan dan perwasitan di berbagai provinsi, memutar rantai Amatir dan Elit Usia Muda, membangun kerjasama dengan federasi kelas dunia," ucap Tisha dalam pengumumannya.

"Lalu menghidupkan lini usaha kreatif, mengibarkan kembali sepakbola putri, dan puncaknya adalah terpilihnya Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20," ujarnya menambahkan.

Mundurnya Tisha sendiri terjadi, tak lama setelah PSSI menggelar rapat dengar pendapat dengan Komisi X DPR, di mana anggota DPR Djohar Arifin kedapatan mengkritik PSSI, khususnya Tisha, yang dianggap kerap kebablasan dalam tugasnya.

Ketua umum Mochamad Iriawan cuma mengomentari singkat kepergian Tisha. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu cuma mengucapkan terima kasih.

"Saya menghargai keputusan dari saudari Ratu Tisha. PSSI mengucapkan terima kasih kepada Ratu Tisha atas pengabdiannya sebagai Sekjen," kata Iwan Bule kepada detikSport.

Adapun wakil ketum Cucu Somantri sempat mengatakan Tisha ingin berbakti di tempat lain. Tersirat bahwa keputusan Tisha mundur diambil atas inisiatifnya.

"Tentu kita menyayangkan. Dia kan punya andil juga (sampai) kita bisa (menjadi) tuan rumah Piala Dunia U-20 2021," kata Cucu dalam pesan singkatnya kepada pewarta, Senin (13/4/2020).

"Tapi itu pilihan dia ingin mengabdi di tempat lain. Kita tidak bisa mencegahnya," ujarnya.

Di media sosial, pro kontra mewarnai keputusan Tisha mundur. Ada yang setuju, namun tak sedikit yang menolak sebab Tisha dinilai bisa mengubah federasi.



Simak Video "Ratu Tisha Merapat ke Perserang Banten"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com