sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 30 Apr 2020 21:00 WIB

Dua Pertimbangan Wajib Sebelum Melanjutkan Liga 1 dan Liga 2 2020

Muhammad Robbani - detikSport
Persita Tangerang vs PSM Makassar digelar di Stadion Sport Center, Kelapa Dua, Tangerang, Jumat (6/3/2020). Laga berakhir dengan skor 1-1. Dua Pertimbangan Wajib Sebelum Melanjutkan Liga 1 dan Liga 2 2020 (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta -

Persiba Balikpapan menyambut ajakan korespondensi PT Liga Indonesia Baru (LIB). Itu terkait kelanjutan kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020.

Presiden Persiba, Gede Widiade, merasa senang klub bisa dilibatkan dalam pengambilan keputusan. Ia pun siap memberi saran kepada operator kompetisi.

Bagi Gede Widiade, ada dua hal utama yang harus dipertimbangkan PT LIB. Pertama dari segi hukum dan finansial.

"Itu langkah yang tepat dari LIB. Tapi sebelum memutuskan liga lanjut apa berhenti harus melihat dua hal yakni dasar hukumnya dan finansial," kata Gede Widiade kepada wartawan, Kamis (30/4/2020).

"Kalau dari hukum, sekarang masih semi-lockdown PSBB (Pembatasan sosial berskala Besar) jadi kan tak bisa kompetisi berjalan," ujarnya menambahkan.

"Lalu finansial, siapa yang mampu dalam keadaan seperti ini. LIB masih mampu nggak menyelesaikan keadaan seperti ini dengan subsidinya, sponsor, ticketing," katanya lagi.



Pria asal Surabaya berdarah Bali itu berkaca dari bisnisnya yang lumpuh di tengah pandemi virus corona ini. Masalah finansial jadi hal yang harus diperhatikan untuk memastikan jalannya kompetisi secara lancar.

Ia juga mengaku saat ini saja PT LIB belum mencairkan dana subsidi kepada klub-klub Liga 2. Jadi ia meminta LIB untuk serius memperhatikan masalah finansial sebelum memutuskan nasib liga.



Itu sesuai pengakuan Wakil Direktur Utama PT SOM (Sriwijaya Optimis Mandiri), Hendri Zainuddin kepada detikSport. Ia mengungkapkan bahwa baru ada enam klub Liga 2 yang mendapat subsidi termin pertama dari PT LIB.

"Usaha saya saja sudah terhambat. Seluruh usaha saya 99 persen tutup. Jadi ambil keputusan jangan sepihak, minta masukan dari klub lalu ambil keputusan," tutur Gede Widiade.

"Subsidi kami belum dapat dari termin pertama, kami berharap sebenarnya pencairan diberikan kepada semua klub. Jangan 1, 2, 3 klub saja," ucapnya.



Simak Video "Intip Latihan Perdana PSM Jelang Shopee Liga 1 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com