Menantikan Kepiawaian PSSI dan PT LIB di Tengah Pandemi Corona

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 30 Apr 2020 22:15 WIB
Logo PSSI
Menantikan Kepiawaian PSSI dan PT LIB di Tengah Pandemi Corona (Hasan Al Habshy/detikSport)
Jakarta -

Presiden Persiba Balikpapan, Gede Widiade, berharap kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 dilanjutkan. Terobosan dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) pun dinanti.

Gede Widiade ingin melihat kecakapan PSSI dan PT LIB di tengah wabah global virus corona. Baginya, ini adalah momen paling tepat untuk melihat kompetensi para pemangku jabatan sepakbola nasional.

"Kalau saya, sepak bola harus tetap berjalan bagaimanapun caranya terserah. Tapi tentu tak bisa tanpa penonton," kata Gede Widiade kepada wartawan, Kamis (30/4/2020).

"Misal liga berhenti boleh bikin turnamen, silakan. Ini kita lihat nih kepiawaian PSSI dan LIB sedang diuji, apa betul mereka mengerti bola, apakah betul mereka mengerti bisnis bola dan bisnis murni," ujarnya menambahkan.



Berkaca ke tetangga, beberapa liga di Asia sudah menetapkan waktu untuk menggulirkan kompetisinya lagi. Yakni Korea Selatan, Jepang, Vietnam, dan Thailand.

Tentunya kompetisi di atas akan bergulir lagi tanpa penonton. Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, enggan mengambil resiko dengan melanjutkan liga dengan opsi tanpa penonton sekalipun.

"Kalau mereka paham bisnis murni, faktanya semua sudah tutup. Pesawat saja nggak boleh terbang. Ini hukum sama finansial sama-sama penting harus dipertimbangkan," tuturnya.



Simak Video "Intip Latihan Perdana PSM Jelang Shopee Liga 1 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/cas)