sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 30 Apr 2020 23:47 WIB

Ajax Gagal Juara, Robert Albert Gigit Jari

Yudha Maulana - detikSport
Robert Rene Alberts Ajax Gagal Juara, Robert Albert Gigit Jari (Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Ajax Amsterdam gagal mengangkat trofi karena kompetisi Liga belanda dihentikan terkait pandemi virus Corona. Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts gigit jari.

Robert Rene Alberts hanya bisa gigit jari lantaran tim jagoannya, Ajax Amsterdam Liga Belanda (Eredivise) gagal mengangkat trofi musim ini gegara virus Corona. Pandemi yang tak berkesudahan, membuat kompetisi di Negeri Kincir Angin resmi dihentikan.

Eredivise dijeda pada 12 Maret lalu dengan harapan kompetisi bisa kembali digulirkan pada 30 Maret. Sampai akhirnya federasi sepakbola Belanda (KNVB) memutuskan menghentikan liga secara demokratis, tanpa tim juara dan tim terdegradasi.

"Sebagai fans Ajax, tentu saya ingin melihat tim kebanggaan menjadi juara liga. Tapi peraturannya sudah sangat jelas, musim ini harus diakhiri tanpa ada juara," kata Robert, Kamis (30/4/2020).



Sebagai catatan, saat ini Ajax memimpin di puncak klasemen yang dipepet AZ Alkmaar di posisi kedua. Kedua tim sama-sama mengumpulkan 57 poin, namun De Godenzonen lebih unggul selisih gol.

Walau begitu, Pelatih Persib Bandung itu menganggap keputusan dihentikannya Eredivise cukup adil. Pasalnya, kata Robert, sebelum dibuat keputusan tersebut, semua klub profesional yang berada di Belanda dipertemukan untuk mengambil keputusan.

"Dari pertemuan itu, yang saya tahu, 14 klub positif (sepakat dihentikan), 7 klub berpendapat netral dan 7 tim bersebrangan dengan keputusan itu. Jadi para prinsipnya itu adalah keputusan demokratis yang dibuat oleh klub," katanya.

"Tapi KNVB yang akhirnya memutuskan itu berdasarkan apa yang disepakati oleh klub. Dalam situasi terkini di Belanda, saya pikir itu adil karena memang lebih baik menghentikan liga dan memulai liga baru ketika krisis ini sudah usai," katanya menutup perbincangan.



Simak Video "Petaka untuk Liverpool Jelang Bersua Ajax"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com