sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 27 Mei 2020 20:10 WIB

Menanti Keputusan PSSI Setelah Penyampaian Aspirasi Klub Liga 1

Muhammad Robbani - detikSport
Logo PSSI Menanti Keputusan PSSI Setelah Penyampaian Aspirasi Klub Liga 1 (Hasan Al Habshy/detikSport)
Jakarta -

PSSI sudah menerima aspirasi dari 18 klub Shopee Liga 1 2020. Kini PSSI menunggu arahan dari Ketua Umum, Mochamad Iriawan, untuk menentukan nasib kompetisi.

Ada lima aspirasi berbeda yang disampaikan klub Liga 1 dalam rapat virtual bersama PSSI, Rabu (27/5/2020). Mulai dari kompetisi lanjut, lanjut dengan syarat, setop lanjut turnamen, setop total, dan abstain.

Aspirasi ini menjadi modal bagi PSSI yang nantinya akan mengambil keputusan dalam rapat Komite Eksekutif (Exco). Namun belum diketahui kapan agenda ini akan dilaksanakan.

"Belum ditentukan (rapat Exco). Masih menunggu arahan Ketua Umum," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada detikSport.

"Seluruh klub memberikan saran serta masukan terkait kompetisi. PSSI harus melakukan protokoler kesehatan saat berlatih, perjalanan, dan bertanding kepada tim bila kompetisi dilanjutkan," ujarnya lagi, dikutip dari laman resmi PSSI.



Dalam rapat dengan klub, PSSI juga menerima banyak informasi dari klub terkait kondisi virus corona di daerahnya masing-masing. Itu semua akan menjadi dasar pertimbangan pengambilan keputusan PSSI nantinya.

Saat ini Liga 1 dan Liga 2 masih berstatus force majeure sebagaimana ditetapkan PSSI pada 27 Maret lalu. Hal itu sesuai darurat bencana COVID-19 hingga 29 Mei mendatang yang ditetapkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Tadi para klub memberikan analisa juga perkembangan daerah. Kami memahami di situasi sekarang kesulitan klub untuk memenuhi kewajiban kepada pemain dan pelatih," tutur Yunus Nusi.

"Kami ingin melindungi klub yang notabene sebagai anggota PSSI tentang bagaimana nanti bila kompetisi lanjut atau berhenti," ucapnya mengakhiri.



Simak Video "Liga 1 Lanjut Oktober, Berpusat di Pulau Jawa"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com