PSSI Minta Lapangan ABC Tidak Disewakan, Apa Kata Menpora?

Mercy Raya - Sepakbola
Selasa, 16 Jun 2020 18:50 WIB
Menpora Zainudin Amali
PSSI Minta Lapangan ABC Tidak Disewakan, Apa Kata Menpora? (Mercy Raya/detikSport)
Jakarta -

PSSI butuh tempat pemusatan latihan Timnas U-20 untuk Piala Dunia 2021. Lapangan ABC di Senayan jadi salah satu tempatnya, apa kata Menpora Zainudin Amali?

Menpora Zainudin Amali akan membantu PSSI untuk mendapatkan tempat latihan untuk pemusatan latihan Timnas U-20 menuju Piala Dunia 2021. Akan tetapi kewenangan tetap kepada PPK GBK.

PSSI sempat menyampaikan permintaan kepada Kemenpora terkait kebutuhan timnas di Piala Dunia U-20 2021. Mereka meminta agar lapangan ABC dan stadion Madya di Gelora Bung Karno untuk tidak disewakan mulai Juli hingga gelaran single event sejagat usia muda tersebut.

Kemenpora mendukung kebutuhan induk federasi sepakbola tertinggi di tanah air tersebut. Akan tetapi dia tak bisa memutuskan karena bukan dalam ranahnya.

"Plt Sekjen PSSI (Yunus Nusi) bersama pelatih Indra Sjafri menghadap Sesmenpora (gatot S. Dewa Broto) apa yang mereka lakukan adalah menyampaikan perencanaan dimulainya pelatnas untuk Timnas. Kemudian yang kedua minta dibantu tempat pelaksanaan, yakni lapangan ABC," kata Amali di kantor Kemenpora, Senayan, Selasa (16/6/2020), usai melantik eselonnya.

"Nah, lapangan ABC ini bukan di bawah kewenangan kami. Tapi PPK GBK (Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno). Jadi yang bisa kami sampaikan adalah menyampaikan ke sana. Soal kebijakannya bagaimana ya di sana (PPK GBK) bukan di bawah kami," lanjutnya.



Di sisi lain, menteri asal Gorontalo itu mengatakan dia belum mengetahui di mana tepat lokasi pelatnas yang akan mereka gulir pada awal Juli tersebut. "Tapi atas permintaan itu tentu sebagai pemerintah ya kami bantu lah," ujar politikus Golkar.

"Kami akan sampaikan bahwa ada permintaan tersebut. Mereka (PSSI) juga akan menyampaikan kebutuhannya. Tetapi sekali lagi kewenangannya ada di PPK GBK," dia menegaskan.

Menpora Zainudin AmaliMenpora Zainudin Amali Foto: (Mercy Raya/detikSport)



Sementara itu, Direktur Utama PPK GBK Winarto mengatakan sampai kini belum ada permintaan untuk penggunaan tempat latihan di kawasannya.

"Belum (ada permintaan penggunaan). Terakhir hanya tenis saja," singkat Winarto.



Simak Video "Ikuti Kongres PSSI, Raffi Ahmad dan Kaesang Disambut Hangat Menpora"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/aff)