Sibuk, Umuh Muchtar Tak Ikuti Konflik PSSI dan Shin Tae-yong

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 23 Jun 2020 18:48 WIB
Umuh Muchtar, manajer Persib Bandung
Umuh Muchtar Tak Ikuti Konflik PSSI dan Shin Tae-yong (Dony Indra Ramadhan/detikSport)
Jakarta -

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Umuh Muchtar tak mengikuti konflik PSSI dengan Shin Tae-yong. Saat ini konsentrasinya masih fokus ke hal lain.

Ia tak mau banyak bicara tentang hubungan tegang antara kedua belah pihak. Sebagaimana diketahui, drama PSSI dan Shin Tae-yong diprediksi banyak kalangan akan berakhir pahit.

"Belum. Saya belum mengikuti pemberitaan itu. Sebab, saya masih sibuk urusan yang lain," kata Umuh Muchtar kepada wartawan.

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, namanya ikut terseret-seret akhir-akhir ini karena masuk bursa calon pelatih pengganti jika Shin diberhentikan. Pengalaman panjangnya di Indonesia diyakini bisa menjadi modal bagus Robert untuk melatih Timnas Indonesia.



Terkait hal itu, Umuh keberatan melepas pelatih asingnya tersebut. Terlebih kepemimpinan Alberts berjalan relatif baik dalam laga pembuka Shopee Liga 1 2020.

Persib pun bercokol di puncak klasemen sementara Liga 1 dengan torehan poin sempurna yakni sembilan angka. Maung Bandung menang 3-0 atas Persela Lamongan, 2-1 atas Arema FC dan PSS Sleman.

Sosoknya dianggap tepat untuk menangani Persib. Padahal Persib sering mengalami ketidakcocokan dengan pelatih yang menjadi masalah mereka dalam beberapa musim terakhir.

"Robert itu cocok karena dimana pun dia sangat cocok dan bagus. Dia bisa membawanya. Tapi, yah, Persib pun harus diperhitungkan juga," ujar Umuh.

"Kalau Persib sih, keberatan sepertinya, yah. Keberatan karena Robert sudah bisa menyatu dengan para pemain dan dia pelatih bagus," tuturnya.



Mantan Manajer Persib itu sebenarnya bimbang. Satu sisi ia ingin Timnas Indonesia bisa bangkit dengan cara merelakan pelatihnya saat ini. Namun juga tak rela masa-masa indah dengan Robert cuma berjalan singkat.

"Untuk Merah Putih, apa boleh buat. Kalau benar-benar dibutuhkan, kami harus membantu Merah Putih," ucapnya.



Simak Video "Shin Tae-yong Memohon Agar Liga Indonesia Kembali Bergulir"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/krs)