sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 25 Jun 2020 14:43 WIB

Umuh Muchtar: Idealnya Shopee Liga 1 Mulai Lagi Bulan Oktober

Yudha Maulana - detikSport
Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar Komisaris Persib Bandung, Umuh Muchtar, menilai Shopee Liga 1 2020 idelanya diputar lagi pada Oktober. (Foto: detikcom/Mukhlis Dinillah)
Jakarta -

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, menilai gelaran liga idealnya digelar lagi pada Oktober. Ia mengungkapkan alasannya.

Umuh menilai waktu tersebut cukup memberikan keleluasaan bagi klub untuk membuat persiapan, termasuk mengumpulkan pemain di tengah pandemi ini.

"Idealnya sih Oktober ya itu tuh mungkin agak aman, pemain pelatih lengkap. Kalau September mulai tapi latihan kan mulai Juli, satu bulan setengah menurut saya enggak ada masalah. Kalau semua siap, yang lain juga kenapa tidak, kalau semua sudah dateng, yang lain latihan sama. Satu bulan -dua bulan latihan, saya rasa enggak masalah," ujar Umuh kepada wartawan di Sumedang, Rabu (25/6/2020) sore.

Selain itu, jeda waktu sekitar empat bulan itu juga cukup untuk menyiapkan protokol keamanan yang lebih ketat di stadion atau fasilitas latihan yang digunakan oleh pemain. Andai PSSB berakhir, Persib juga enggan buru-buru mengumpulkan pemain.

Persiapan pencegahan COVID-19 di sarana dan prasarana yang digunakan oleh tim juga perlu disiapkan.

"Kalau sudah oke, ya sudah bisa semua. Kita juga harus kumpulkan pemain, kaya yang di Brasil kan agak susah juga. Kalau Nick ada di sini. Kalau sampai mereka belum datang agak masalah. Apalagi di Brasil agak gawat," tuturnya.

"Tapi kalau semua oke bisa berjalan termasuk pesawat dari luar negeri, mungkin ya Mungkin ya kenapa tidak. Saya sih lebih cepat lebih bagus. Karena ini hiburan masyarakat. Masyarakat pun sudah sangat menunggu. Apalgi Persib lagi top-topnya," ujar Umuh melanjutkan.

Dilihat dari performa yang ditampilkan Maung Bandung pada tiga laga terakhir, Umuh optimistis Persib bisa kembali menyabet titel juara Shopee Liga 1 2020. Ia pun meyakini gelaran kompetisi bisa dilakukan secara transparan, lancar dan bersih. "Tidak ada (istilah) gimana wasit," katanya.

Sebelumnya Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan melalui laman resmi federasi memastikan Shopee Liga 1 2020 akan dihelat kembali antara September dan Oktober. Kemudian, PT LIB selaku operator liga memastikan liga akan lanjut Oktober dan berakhir pada Februari 2021, mengikuti sistem kalender bola di Eropa.



Simak Video "Persib Bandung Resmi Gaet Zulham Zamrun"
[Gambas:Video 20detik]
(yum/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com