sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 25 Jun 2020 22:20 WIB

PSSI Siapkan SK Kelanjutan Shopee Liga 1, Liga 2, dan Liga 3

Muhammad Robbani - detikSport
Logo Liga 1 2019 Shopee Liga 1 2020 kemungkinan lanjut bulan Oktober (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

PSSI tengah menggodok Surat Keputusan (SK) terkait Shopee Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 2020. SK itu akan menjadi keputusan resmi tentang kelanjutan kompetisi.

Ini adalah langkah susulan PSSI yang sebelumnya sudah menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) pada, Jumat (19/6/2020). Hasil rapat Exco itu memutuskan bahwa kompetisi tetap lanjut pada Bulan September atau Oktober mendatang.

Terkini, Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengindikasikan kompetisi lanjut pada Bulan Oktober. Keputusan resmi akan dituangkan dalam SK yang tengah digodok.

"Kami akan menerbitkan SK baru untuk keputusan yaitu pertama, rapat Komite Eksekutif (Exco) memutuskan Liga 1, 2 dan 3 musim kompetisi 2020 dilanjutkan di bulan Oktober," kata Yunus Nusi, dikutip dari Antara.

SK terbaru akan menjadi pengganti SK bernomor SKEP/48/III/2020 yang diterbitkan PSSI pada 27 Maret lalu. SK yang masa berlakunya akan segera berakhir pada akhir Juni itu berisi keputusan status force majeure kompetisi dan membebaskan klub untuk menggaji pemainnya maksimal 25 persen.



"Klub, pemain, serta pelatih dipersilakan negosiasi ulang kontrak dengan kisaran 'sekian persen'," ujar Yunus Nusi soal SK terbaru.

"Mudah-mudahan SK-nya selesai malam ini (Kamis, 25/6/2020). Besok saya rapat dan saya sampaikan ke Exco dan ketua umum agar disetujui. Mungkin Jumat (26/6) sudah dapat di-share," ucapnya mengakhiri.

Sementara itu, olahraga sentuhan fisik sebenarnya masih dilarang oleh pemerintah. Hal itu dikatakan Kepala Gugus Tugas COVID-19, Letjen TNI Doni Monardo, seusai melakukan Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi X DPR pada Rabu (17/6/2020).

Terkini, PSSI baru berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta agar Timnas Indonesia U-16 dan U-19 bisa berlatih di Jakarta. Belum ada kabar tentang kelanjutan kompetisi di tengah larangan menggelar olahraga sentuhan fisik.

"Ini tim Timnas sedang berkoordinasi dengan Pemerintah DKI Jakarta. Bukan Satgas Timnas ya, tapi Tim dari Dirtek (Direktur Teknik)," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi, kepada detikSport, Kamis (25/6/2020).



Simak Video "Yunus Nusi Ditunjuk Jadi Plt Sekjen PSSI"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com