sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 27 Jun 2020 18:30 WIB

Ketum PSSI: Indra Sjafri Dukung Penuh Shin Tae-yong

Muhammad Robbani - detikSport
Timnas U-19 melakukan latihan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Pemusatan latihan ini ditonton langsung Menpora Zainudin Amali hingga Ketum PSSI Mochamad Iriawan. Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, menegaskan Indra Sjafri mendukung penuh Shin Tae-yong. (Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memastikan Indra Sjafri mendukung penuh Shin Tae-yong. Sebagaimana diketahui, hubungan keduanya sempat retak akhir-akhir ini.

Shin Tae-yong sempat mengungkapkan tindakan indisipliner Indra Sjafri semasa masih menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia. Indra Sjafri kemudian meresponsnya dengan menyebut Shin berbohong.

Iriawan mencoba meredakan keadaan itu dan ingin hubungan keduanya kembali terjalin dengan baik. Hal itu diungkapkan Iriawan setelah bertatap muka secara virtual dengan Shin Tae-yong, Jumat (26/6/2020).

PSSI juga sepakat pelatih asal Korea Selatan itu untuk melanjutkan pekerjaannya sebagai pelatih Timnas Indonesia. Shin pun diharapkan segera tiba dalam waktu dekat dan memimpin seleksi Timnas Indonesia U-19 pada Juli mendatang.

"Tadi (kemarin) Shin Tae-yong juga mengatakan hal-hal yang berkaitan dengan Indra Sjafri, sebetulnya Indra Sjafri mendukung Shin Tae-yong," kata Iriawan kepada wartawan.

"Indra Sjafri bagian dari PSSI, harus mendukung. Dan Shin Tae-yong senang, bahkan dia memanggil saya kakak. Saya dulu berdiskusi dengan Shin Tae-yong sebelum dia menjadi pelatih timnas," ujarnya menambahkan.

Mantan Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI juga menepis isu yang menyebut eks pelatih Timnas Korea Selatan itu menyingkirkan Danurwindo dari posisi Direktur Teknik PSSI. Adalah Ketua Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI) Yeyen Tumena yang sempat membuat pengakuan mengejutkan tersebut.

Soal ini sebenarnya Iriawan sudah menjelaskan jauh-jauh hari terkait naiknya Indra Sjafri menjadi Dirtek sekaligus menjadi pengganti Danurwindo. PSSI mempromosikan Indra Sjafri karena usia Danurwindo sudah tidak muda lagi.

"Coach Danurwindo sudah cukup sepuh. Waktu itu Shin Tae-yong menginginkan Indra Sjafri tidak di timnas lagi. Dan ada tempat yang bisa ditempati oleh Indra Sjafri," tutur Iriawan.

"Dan dari hasil dari rapat Exco, diketahui kalau kesehatan Coach Danur sudah cukup menurun. Sekarang ada Coach Indra, saya cukup terbantu. Saya tak ada masalah untuk isu-isu di luar untuk menggeser, tidak ada," ucapnya menegaskan.



Simak Video "Shin Tae-yong Masih Ingin Utak-atik Taktik Timnas U-19"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/adp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com